Calya Tetap Jadi LCGC Terlaris, Ayla Kembali Geser Agya

Toyota Calya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Dari sekian banyak model mobil yang dijual untuk orang Indonesia, kategori low cost green car masih menjadi primadona. Mobil LCGC ditawarkan oleh beragam merek, seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Datsun, hingga Suzuki.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Harga untuk menebus mobil ini pun relatif terjangkau, karena tidak lebih dari Rp150 juta. Tak heran jika penjualan mobil ini masih bisa dikatakan baik.

Hal ini juga bisa dilihat dari data wholesales (pabrik ke diler) dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Penjualan mobil LCGC selama sembilan bulan di tahun ini mencapai angka 179.768 unit. Angka tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang hanya mencapai 158.381 unit.

Namun jika dijabarkan, maka penjualan LCGC pada September tahun ini turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dari 20 ribuan unit pada Agustus menjadi 17 ribuan unit pada September.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Lantas, mobil LCGC apa yang paling digemari oleh masyarakat?

Dari Januari sampai September 2017, Toyota Calya menjadi yang paling tinggi penjualannya dengan angka 57.333 unit. Posisi kedua ditempati oleh kembarannya, Daihatsu Sigra sebanyak 32.171 unit, dan menyusul Honda Brio Satya 30.268 unit.

Khusus pada September 2017, tiga mobil LCGC terlaris urutannya sama persis dengan daftar di atas, yakni Calya posisi pertama, Sigra kedua dan Brio Satya ketiga.

Yang unik pada bulan kesembilan tahun ini adalah untuk kelima kalinya mobil Daihatsu Ayla berhasil mengungguli Toyota Agya dalam hal penjualan.

Meski demikian, total penjualan Agya sepanjang tahun ini masih lebih unggul dari kembarannya tersebut, dengan selisih angka sekitar 500 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya