Jangan Campur Air Wiper dengan Sabun, Ini Alasannya

Wiper mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA – Tak hanya karet wiper, pada mobil biasanya juga disediakan tangki untuk penyimpanan air yang bisa dipakai membantu membersihkan kaca. Ini sangat membantu jika mobil dikendarai di saat hujan.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Tangki air wiper ini biasanya berwarna putih dan berada di dekat mesin. Dengan menekan saklar wiper, air yang berada di dalam tangki disemprotkan ke kaca melalui washer di atas kap mesin.

Menurut Iwan Abdurahman selaku General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor, tangki wiper cukup diisi dengan air biasa. Hal ini karena air nantinya akan disemprotkan di kaca, baru kemudian disapu oleh wiper.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

"Tangki wiper diisi air mineral biasa aja sudah cukup. Dia kan fungsinya membantu membersihkan kaca," kata Iwan saat dihubungi VIVA.co.id.

Sementara itu, koordinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosadi mengatakan, jangan mengisi tangki air wiper dengan air yang sudah dicampur sabun ataupun sampo.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

"Air biasa aja, atau pakai cairan yang khusus buat wiper, banyak sekarang di pasaran. Kalau pakai air sabun atau sampo, kita enggak pernah tahu kandungan di dalam sampo atau sabun itu apa saja. Yang ditakutkan, bukan kacanya bersih malah nanti ada impact sabun pada kaca, jadi bahaya," kata dia. (hd)

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022