Ada yang Berbeda dari Mobil Listrik Nissan, Punya Suara Khas

Logo Nissan
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Sejumlah produsen otomotif memanfaatkan ajang tahunan Tokyo Motor Show untuk menampilkan kendaraan masa depannya. Seperti Nissan yang menampilkan deretan mobil-mobil masa depan andalannya.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Namun, Nissan juga sukses mengejutkan pengunjung Tokyo Motor Show saat memamerkan suara masa depan dari mobil listrik mereka yang bernama Canto.

Executive Vice President Nissan Motor Co Ltd Global Marketing and Sales, Zero-Emission Vehicles and Batery Business, Daniele Schillaci, mengatakan, suara adalah fitur penting dalam Nissan Intelligent Mobility agar terintegrasi dengan lingkungan luar.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Menurut dia, Canto dirancang khusus pabrikan untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, selain memberikan suara khas mobil listrik masa depan Nissan.

Canto bakal hadir dengan suara beragam. Hal ini disesuaikan dengan akselerasi deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut akan diaktivasikan pada kecepatan 20-30 km/jam, namun akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tentunya.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Canto yang berasal dari bahasa latin yang artinya aku menyanyi itu diklaim diciptakan untuk membangun kewaspadaan. Tingkat suaranya pun diklaim terdengar jelas tanpa mengganggu pejalan kaki, penumpang, dan warga sekitar.

Rupanya, mobil bersuara bukan barang baru bagi Nissan. Pabrikan juga pernah menghadirkan mobil bersuara melalui sistem Approaching Vehicle Sound for Pedestrians pada 2010.

Fungsi sistemnya pun sama yang menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki, sehingga mereka mengetahui bahwa ada mobil yang mendekat di sekitarnya.

Penasaran ingin dengan review lengkap Nissan Note e-Power? Lihat di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya