Honda Tertarik Pasang Turbo di Mobil Keluarga

Mobil keluarga Honda Mobilio.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA – Untuk menuju era mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar, setiap pabrikan di dunia menurunkan kapasitas mesin. Agar tenaganya tetap mumpuni, dipasanglah perangkat turbocharger.

Mobil SUV ini Sukses Terjual 500 Ribu unit

Seperti yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Honda Civic dan CR-V terbaru tujuh penumpang.

Kini, kedua mobil yang berada di segmen sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV) itu menggendong mesin 1.500 cc lengkap dengan turbocharger.

3 Mobil yang Cocok untuk Keluarga Baru

Setelah sedan dan SUV, apakah HPM tertarik menyuntikkan turbocharger ke mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) atau yang lebih dikenal dengan nama mobil keluarga?

"Bisa saja (MPV pakai turbocharger), di Jepang ada mobil kecil 600 cc Turbo (Honda S660). Ya bisa saja, sejauh mana konsumen Indonesia menerima," ujar ujar Direktur Pemasaran dan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Jakarta.

Ada yang Aneh saat 3 Mobil Kijang Innova Tabrakan Beruntun

Menurutnya, kendala utama memasang turbocharger di mobil MPV adalah harga jualnya. Pasar MPV di Indonesia sangat ketat, dan harga akan berpengaruh besar pada penjualan.

"Turbocharger itu kan lebih mahal. Hanya bisa dinikmati mobil-mobil tertentu. Kalau di segmen harga yang sensitif, naik Rp10 juta saja dia (konsumen) sudah pindah (merek lain). Mungkin nanti bertahap suatu saat bisa," tuturnya.

New Daihatsu Sigra 2022

Terpopuler Otomotif: Mobil Keluarga Rp130 Jutaan Laku Keras, Jokowi Ubah Aturan Kendaraan Listrik

Berita yang membahas tentang mobil keluarga Rp130 jutaan laku keras dan Jokowi ubah aturan kendaraan listrik, banyak dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023