Akal-akalan Beli Mobil di Akhir Tahun

Ilustrasi STNK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Akhir tahun kerap dianggap waktu yang tepat oleh beberapa orang untuk membeli mobil baru. Alasan utamanya, banyak promo yang ditawarkan oleh diler-diler resmi.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Potongan harga yang ditawarkan terkadang sangat menggiurkan. Alasannya, diler harus menghabiskan stok unit lama, karena unit dengan tahun produksi baru segera datang dari pabrik.

Bahkan, terkadang ada unit yang diberi potongan harga sangat murah, karena diproduksi dua tahun lalu. Hal ini pernah terjadi pada Nissan Evalia. 

Dongkrak Daya Beli, Kemenperin Usul Lagi Insentif Pajak Kendaraan

Terkait tahun pembuatan, ada beberapa konsumen yang meminta pihak diler untuk mendaftarkan balik nama kendaraan yang dibeli pada tahun berikutnya. Hal itu dilakukan agar saat surat-surat selesai, tahun yang tertera di surat tanda nomor kendaraan atau STNK lebih baru dari tahun produksi.

Dengan cara ini, pemilik berharap jika suatu saat mobil dijual kembali, nilainya tidak terlalu turun. Meski demikian, cara ini tidak sepenuhnya efektif.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

"Konsumen biasanya minta supaya surat-suratnya dibikin tahun berikutnya. Tapi jangan salah, meski STNK-nya 2018, pada kolom tahun produksi mobil akan tetap ditulis 2017. Ini mengikuti Vehicle Identification Number-nya," kata salah seorang sales dari diler resmi Toyota, Maria kepada VIVA. (one)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022