Penjualan Ignis Turun, Tapi Masih 'Perkasa'

Suzuki Ignis di IIMS 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Penjualan mobil pada November lalu mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku secara merata.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Jika mobil keluarga kasta terendah mengalami peningkatan penjualan hampir lima ribu unit, hal sebaliknya terjadi pada mobil perkotaan atau city car.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor atau Gaikindo, pada November 2017 penjualan city car turun sekitar tiga ribu unit, dari 2.391 unit menjadi hanya 2.018 unit.

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Meski demikian, urutan mobil terlaris pada November hampir sama seperti bulan Oktober. Peringkat pertama tetap dihuni pendatang baru dari Suzuki, Ignis.

Mobil berbentuk unik ini laku 1.000 unit pada bulan ke-11, turun dari bulan sebelumnya yang tercatat 1.193 unit. Perlu diketahui bahwa angka tersebut adalah penjualan wholesales, yakni dari pabrik ke diler.

Akibat Lawan Arah, Sopir Honda Brio Dipaksa Mundur Pengguna Jalan Lain

Urutan kedua juga masih ditempati Honda Brio, dengan angka penjualan 599 unit. Peminat mobil mungil buatan PT Honda Prospect Motor ini terus menurun sejak Agustus lalu.

Daihatsu Sirion kembali menempati urutan ketiga mobil perkotaan terlaris. Angka penjualan sama seperti bulan Oktober, yakni 210 unit.

Nissan harus puas berada di urutan keempat, karena March buatan mereka hanya laku 13 unit saja pada November lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya