Avanza Jadi Angkot: Penumpang Bakal Hadap ke Depan

Angkot 2018: Penumpang bakal menghadap ke depan.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Wajah angkutan perkotaan sepertinya bakal berubah di 2018. Sebab, ada beberapa merek baru yang siap menghadirkan produk-produknya untuk dijadikan angkot. Sebut saja, Toyota yang bakal menyiapkan Avanza versi termurahnya. Langkah senada juga diterapkan Wuling.

Marak Travel Gelap Pasang Stiker Sinergitas TNI-Polri dan Dishub

Menurut Ketua Organda DKI, Shafruhan Sinungan, rencananya angkot-angkot dengan wajah baru ini akan muncul pada awal 2018 mendatang. Langkah ini, sekaligus diambil dalam rangka menerapkan standar pelayanan minimal (SPM) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015 yang akan diterapkan mulai Februari 2018.

Yang menarik, tak cuma pilihan angkot dengan wajah berbeda. Sebab, kata dia, nantinya angkot 2018, sejenis mini bus tak lagi sama dengan yang ada saat ini. Diproyeksikan, angkutan akan mengambil posisi bangku atau tempat duduk menghadap ke depan, tak lagi berhadap-hadapan antarpenumpang.

Kenyamanan Angkot Mewah DKI Dikorbankan

Angkot 2018: Penumpang bakal menghadap ke depan.

"Kalau dulu tuntutan pengusaha angkutan umum dan tuntutan pemerintah, masyarakat, mikrolet itu muat 10 orang, jadi bentuknya hadap-hadapan. Kalau sekarang. tuntutan penumpang angkutan sudah meloncat jauh," kata dia kepada VIVA, Selasa, 19 Desember 2017.

Ada Sisi Negatif Angkot Zaman Dulu yang Enggak Banyak Diketahui

Penumpang menghadap ke depan di angkot terbaru nanti juga penuh perhitungan. Sebab, ini juga memerhatikan dari sisi keamanan dan kenyamanan penumpang. "Rencana Februari-Maret 2018, kita mau luncurkan peremajaan mikrolet atau bus kecilnya," kata dia.

Baca juga: Avanza dan Wuling Mau Jadi Angkot pada 2018

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

Kemenhub Pamer Alat Uji KIR Keliling, Bakal Layani Ratusan Daerah

Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, yang sudah mendapatkan akreditasi Uji KIR dari Kemenhub baru 310 daerah.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2021