Trik Ampuh Usir Bau Nyengat di Mobil Bekas Kena Banjir

Sejumlah mobil terlambat diselamatkan dari banjir di Jakarta beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA/Danardono

VIVA – Ada kondisi buruk pada mobil pascaterendam banjir. Yakni muncul bau tak sedap di dalam kabin, karena air kotor diserap jok dan karpet yang berada di mobil. Jika tak segera diatasi, semakin lama akan makin susah dibersihkan, karena bau dan noda terlanjur melekat dan menempel pada jok dan karpet.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Seperti dilansir AstraWorld, Selasa 19 Desember 2017, membersihkan kabin mobil yang pernah terendam banjir perlu dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut panduannya:

1. Pada bagian jok mobil, sebelum dibersihkan sebaiknya lepaskan lebih dulu, termasuk sarungnya. Cuci sarung jok menggunakan sikat lembut, lalu vakum dan keringkan. Bagian jok mobil juga dibersihkan dengan sikat lembut agar pori-pori jok terbuka. Setelah jok mobil bersih, vakum dan keringkan di bawah sinar matahari agar kering hingga ke bagian dalamnya.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

2. Bersihkan semua karpet dengan mengangkatnya dari dasar lantai mobil. Cuci dengan sikat lembut dan cairan deterjen agar semua kotoran dan sisa-sisa minyak dapat bersih menyeluruh, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, vakum dan keringkan dengan sempurna agar tidak lembab saat dipasang kembali. Selagi proses pengeringan karpet, lantai dasar mobil juga dibersihkan, cuci kemudian dibilas dengan air bersih agar tidak karat.

3. Bagian dalam pintu (doortrim) juga perlu dibersihkan. Caranya, lepas doortrim dengan hati-hati agar pengunci (claim) dan doortrim tidak patah. Kemudian bersihkan dan pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam doortrim. Jika doortrim atau claim patah saat dilepas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar doortrim tidak kendur dan menimbulkan bunyi saat mobil berjalan.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

4. Setelah semua bagian bersih dan kering, pasang kembali dengan baik, dan berikan parfum mobil jika diperlukan. Proses membersihkan mobil yang terendam banjir, memang bisa diserahkan ke salon mobil. Namun, pemilik mobil pun perlu mengetahui langkah-langkah membersihkan mobil dengan benar agar hasilnya lebih maksimal. (asp)

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022