Sadar Digencet Xpander dan Wuling, Toyota Tak Tinggal Diam

Rendering DN Multisix versi produksi. Kabarnya penerus Avanza-Xenia. Ilustrasi
Sumber :
  • IA Design

VIVA – Saat ini produk-produk Toyota di Indonesia nampaknya terus mendapat perlawanan sengit dari para kompetitornya. Yang paling mencolok adalah Xpander, produk baru Mitsubishi yang diplot untuk menggeser kedigdayaan Avanza.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Jenama pendatang baru dari Tiongkok, Wuling, juga memiliki ambisi sama menggulingkan Avanza dari puncak tahta penjualan mobil terlaris di Indonesia melalui produk low multi purpose vehicle-nya Confero S.

Tak cuma di segmen mobil keluarga kelas bawah. Toyota juga diancam produk baru Wuling Cortez di kelas medium multi purpose vehicle yang diisi produk Kijang Innova.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Melihat pasar makin sesak dan persaingan kian ketat, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengatakan pihaknya sudah meramu strategi sendiri. "Toyota sendiri fokus, jadi enggak reaktif hadapi new player. Kami fokus kepada strategi untuk beri yang terbaik untuk consumer kami," kata Henry di Malang, Jawa Timur, Kamis, 21 Desember 2017.

Henry meyakini mobil-mobil yang dijual untuk masyarakat Indonesia masih bisa diterima dengan baik. Hal ini lantaran TAM sebagai agen resmi merek Toyota di Indonesia menawarkan produk secara menyeluruh. Semua kelas juga sudah dimilikinya.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

"Kami berikan total package. Kalau bicara total package kan produk, desain, harga, durabbility, kemudahan servis, kemudahan sparepart. Kami berusaha agar ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen akan produk kendaraan Toyota," ujarnya.

Avanza Masih di Atas

Kendati kompetitor mulai menawarkan desain mobil penuh gaya, Avanza memang terlihat ketinggalan. Seperti apa yang ditampilkan pada Mobilio dan Xpander selaku pesaingnya.

Meski begitu, ada data yang menarik. Karena Avanza dengan desain yang 'old' masih saja tetap merajai penjualan mobil keluarga di segmen tersebut. Bukan cuma bagi pasar konsumen pribadi, namun juga di kalangan pembeli borongan alias fleet.

“Avanza belum turun, sekitar 10.000 unit, 1.3 G MT yang paling laku, karena lebih banyak rental dan fleet customer," kata Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM, ditemui di Jakarta.

Sadar dengan tren perubahan desain, Toyota juga mengaku tak tinggal diam. Sebab kini raksasa otomotif di Indonesia itu tengah menyiapkan Avanza terbaru dengan perubahan drastis. Ini penting untuk melanggengkan kuku bisnis Avanza di pasaran yang selama ini sudah menjadi mobil berjuluk 'sejuta umat'.

“Kita lagi studi, kenapa kita studi, karena segmen tersebut (stylish) sudah dimasuki dua brand yaitu Honda Mobilio dan Xpander,” tuturnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya