Toyota Sudah Siap Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Mobil listrik Leahead dari Toyota
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA – Mobil Toyota yang dijual di Indonesia saat ini sudah diproduksi lokal oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Meski demikian, unit yang diproduksi masih menggunakan mesin konvensional, baik yang berbahan bakar bensin maupun solar.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Produk-produk mobil Toyota yang sudah diproduksi di Indonesia antara lain, Kijang Innova, Fortuner, Yaris, Etios, Vios, dan Sienta. Nantinya, TMMIN juga akan memproduksi mobil yang menggunakan energi listrik, baik hybrid maupun full electric car.

"Sekarang kan sedang disiapkan regulasi dari pemerintah untuk kendaraan dengan energi listrik. Kalau itu sudah mulai, maka bisa tuh kami mulai juga," kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Meski demikian, lanjut Warih, menghadirkan mobil listrik di Indonesia bukan hanya sekadar memproduksi, tetapi ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti rantai suplai spare parts, kesiapan diler, hingga pengetahuan konsumen akan kendaraan listrik.

Lantas, kapan TMMIN sebagai produsen mobil Toyota di Indonesia siap untuk melaksanakan tanggungjawab untuk memproduksi kendaraan dengan energi listrik? Warih mengatakan, waktu persiapan yang dibutuhkan akan lebih cepat dibandingkan memproduksi mobil konvensional.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

"Kami siap. Kalau di awal manufaktur mobil biasa kan butuh sampai 10 tahun persiapannya. Tetapi saya rasa di sini enggak perlulah, tinggal copy dari negara lain, karena Jepang sebagai induk ada, di Eropa juga punya, Amerika ada. Ya lima sampai enam tahun cukuplah," ujar Warih. (ren)

Ilustrasi macet / mudik

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Mudik Lebaran 2024 semakin dekat, dan antusiasme para perantau untuk kembali ke kampung halaman sudah terasa. Di tengah meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024