Muncul Lagi Range Rover China Tiruan, Harganya Bikin Ngiler

Zotye T800, tiruan Range Rover dari China.
Sumber :
  • CarnewsChina

VIVA – Sebuah gambar mobil terbaru dari China baru-baru ini muncul ke publik. Mobil itu memiliki wujud yang sangat identik dengan Range Rover. Namun Range Rover satu ini bukanlah produk asli, melainkan hanya sebuah mobil tiruan alias kw.

Mobil China Dapat Garansi 7 Tahun, Merek Jepang Enggak Takut

Pembuatnya adalah Zotye, perusahaan otomotif yang belum lama ini menandatangani kerja sama dengan Ford untuk menggarap mobil listrik murah. Mobil itu bernama T800 dan direncanakan mulai dijual tahun depan.

Zotye T800 direncanakan bakal didukung mesin turbo yang dapat menyemburkan tenaga 200 daya kuda berkapasitas 2.0 liter. Mobil ini akan diposisikan berada di atas SR9, kloningan Porche Macan yang juga diproduksi Zotye.

Pertarungan Mobil Merek China di Awal 2019, Ada yang 'Hilang'

Keberanian Zotye menjiplak Range Rover sepertinya berkaca dari kasus hukum yang tak berdiri tegak terhadap mobil-mobil jiplakan dari China. Apalagi kini Zotye sudah bermitra dengan Ford, yang notabene pernah menguasai merek Land Rover sebelum akhirnya menjualnya pada Tata Motors 2008 silam.

Zotye pasti berpikir sah-sah saja baginya untuk menjiplak Range Rover menjadi Zotye T800, meski secara hukum tetaplah salah.

Perang Merek China di Pasar Mobil Nasional

Lagi-lagi, harga murah akan menjadi kata kunci bagi Zotye untuk menjual T800. Mobil ini akan dijual ke pasaran dengan harga mulai 180 ribu yuan atau setara Rp372 juta.

Meski bakal jadi mobil paling mahal yang dijual Zotye selama ini, namun produk itu dianggap menjanjikan bagi calon konsumennya. Sebab harga segitu hanya seperempat dari harga jual Range Rover aslinya.

Kasus Kedua

Penjiplakan oleh Zotye merupakan kasus kedua yang menimpa Range Rover. Sebelumnya ada Land Wind X7, produk tiruan dari Range Rover Evoque yang juga diproduksi perusahaan China, Jiangling Motor dan Changan Auto.

Menariknya Land Wind X7 laris manis di pasaran mengalahkan produk aslinya. Sebabnya, tak lain karena harga yang murah meriah ketimbang Evoque asli.

Moncernya penjualan Landwind X7 juga telah membuat geram Range Rover. Bayangkan saja, X7 menyumbang sebagian besar penjualan Landwind. Pada 2016 saja, mereka berhasil menjual X7 sebanyak 80.002 unit.

Jalan JLR untuk 'mematikan' X7 semakin diperparah setelah tahun lalu pihak berwenang China tiba-tiba membatalkan hak paten Land Rover terhadap Evoque. Paten ini dibatalkan karena desain Evoque dianggap telah dipamerkan di depan umum setahun sebelum paten desain diajukan.

Sekadar diketahui, Landwind X7 saat ini dijual dengan banderol termurah Rp196 jutaan. (Sumber: CarnewsChina)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya