Suzuki Indonesia Akhirnya Bicara Soal Ertiga Terbaru

Ertiga terbaru kepergok jalani uji coba di perkotaan.
Sumber :
  • Team-BHP

VIVA – Persaingan mobil kelas low Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin ketat di Indonesia, sejak banyaknya pendatang baru seperti Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander. Beberapa mobil low MPV yang lebih dahulu hadir mencoba berias untuk menjaga popularitasnya.

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Hal itu pula yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Pabrikan mobil berlogo huruf S itu kini tengah menyiapkan Ertiga terbaru yang kabarnya akan diluncurkan di 2018 ini. Pengembangan Ertiga terbaru ini dilakukan di India dan beberapa kali kepergok tengah di uji coba di jalan raya.

Mengingat umur Ertiga di Indonesia sudah cukup lama, maka PT SIS memang berencana memboyong mobil buatan India ini ke Tanah Air. Pihak SIS mengatakan rencana menghadirkan Ertiga terbaru ini karena memang model lama yang kurang stylish dan elegan dibandingkan produk-produk kompetitor.

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

Harold Donnel, Section Head 4W Porduct Development SIS, mengatakan, setiap brand pasti punya competitiveness (daya saing) masing-masing. Kata dia, di pasar low MPV misalnya, Ertiga mungkin memiliki desain lebih konvensional dibanding kompetitor.

“Tapi kami masih ada peluru di level kenyamanan, jumlah showroom 3S, harga spare part dan lain-lainnya. Dengan hal-hal tersebut, kita masih confidence Ertiga bisa fight. Toh terbukti di 2017 ini market share kita naik dibanding 2016,” ujarnya saat dihubungi VIVA, Selasa 9 Januari 2018.

Mobil Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp201 Jutaan

Meskipun banyak produk baru yang mengisi pasar Low MPV, namun market share Ertiga, kata dia masih bagus dan menurut data Gaikindo dari Januari sampai November 2017 lalu jadi 14,8 persen dibanding tahun lalu dengan periode yang sama hanya 12,3 persen.

Namun saat disinggung apakah Ertiga baru akan meluncur di Tanah Air, dirinya tidak menampik bahwa jika sudah tanggal mainnya hal tersebut akan dilakukan. Tapi, apakah peluncurannya akan dilakukan pada hajatan tahunan otomotif, Harold masih enggan berkomentar.  

“No comment dulu yah tentang itu (Ertiga baru) tunggu tanggal mainnya, sabar yah,” tuturnya.

Seperti diketahui, setelah beberapa kali kepergok sedang uji coba di jalan raya India, perubahan Ertiga yang paling mencolok adalah dari sektor dimensinya. Diaman ruang penumpang di bangku baris ketiga akan lebih luas ketimbang versi sebelumnya, tampang depannya jadi lebih berotot.

Sebagai catatan, untuk model yang saat ini beredar, Ertiga punya panjang 4.296 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm dengan wheelbase 2.740 mm seperti yang dilansir media India Gaadiwaadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya