Perbandingan Harga Pasang Jok Mobil Bahan Sintetis dan Kulit

Jok kulit asli (kiri) vs sintetis (kanan).
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA – Untuk mobil kelas premium sekelas Mercedes-Benz, Jaguar, dan Bentley rata-rata bagian interiornya dibalut bahan kulit atau semi-kulit. Balutan bahan kulit itu mulai dari jok, dashboard sampai door trim. Dan bahan kulit ini bertujuan memberikan kesan mewah dan kenyamanan.

Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil dengan Produk Rumahan

Tapi, bagi mobil yang tidak masuk kelas premium dengan harga Rp500 jutaan ke bawah lebih dominan bahan jok masih fabrik atau kain, pun dengan dashboard dan door trim umumnya masih bahan plastik keras.

Lantas jika mobil jenis seperti itu ingin mengganti bahan kulit atau semi-kulit berapa biayanya?

Mobil Gak Ada yang Berani Menyalip, dan Kendaraan Rp31 Triliun

Misran Hadi, Marketing Padi Car Leather Seat, mengatakan, biaya tergantung bahan yang digunakan. Kata dia, kalau bahan semi-kulit untuk jok mobil baris dua mulai dari Rp2 juta sampai Rp3,5 juta, sedangkan mobil baris tiga Rp3 juta sampai Rp4,5 juta.

“Ada juga paketan, mulai dari jok, dashboard, plafon, dan door trim untuk bahan MBtech kena Rp15 juta nanti motif jahitannya tergantung selera. Sedangkan untuk bahan lokal seperti Camaro, Porsche dan sejenisnya itu Rp13 jutaan,” katanya kepada VIVA di Joglo, Jakarta Barat, Rabu 10 Januari 2018.

Industri Otomotif Kembali Mendapat Cobaan

Lanjut dia, kalau sudah jadi antara MBtech dan bahan lokal atau sama saja tidak ada perbedaan. Tapi, yang membedakan itu rasanya, katanya kalau bahan semi-kulitnya bagus pasti lebih lentur, dan adem, kalau lokal agak kaku dan panas, apalagi mobil habis di parkir di luar ruangan.

“Bahan di atas MBtech ada juga Alcantara tapi harganya enggak masuk buat umum, terlalu mahal. Paling kalau orang nyari kualitas di atas MBtech saya arahkan pakai kulit asli saja. Kalau kulit bukan semi itu untuk jok saja mobil baris dua kena Rp5 jutaan, kalau tiga baris Rp8 jutaan,” katanya. (one)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022