Menjajal 'Senjata Canggih' Terios Terbaru, Ada Empat Kamera

Peluncuran All New Terios
Sumber :

VIVA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan All New Terios pada November 2017 tahun lalu. Untuk ubahannya tentu sangat signifikan mulai dari eksterior, interior, mesin sampai penanaman fitur-fitur terbaru yang bisa dikatakan canggih.

Daftar Harga Mobil Low SUV Januari 2022, BR-V Paling Mahal

Nah, untuk merasakan sensasi berkendara Terios generasi kedua ini, VIVA mendapat kesempatan menjajalnya langsung keliling Padang, Sumatera Barat, 11-12 Januari 2018. Sebelum merasakan Low Sport Utility Vehicle (SUV) ini, kami tertarik mencoba fitur terbarunya yakni, kamera 360 derajat.

Seperti diketahui, kamera yang berfungsi untuk memudahkan saat parkir ini bernama around view monitor yang sama dengan fitur bird eyes milik Nissan X-Trail. Di Terios cara pengoperasiannya cukup mudah, kami hanya perlu memindahkan tuas transmisi dalam posisi R atau mundur.

Daihatsu Siapkan Terios 7 Wonders Edisi Spesial

Jika sudah begitu, nanti dalam layar monitor head unit terpampang jelas dua gambar, yang sisi kiri tampilannya 360 derajat dan sisi kanan mereview tampilan belakang. Hal ini bisa dilakukan karena, setiap sisi Low SUV ini ditanamkan kamera, mulai dari spion kanan kiri dan bumper depan belakang.

Bukan Rusak, Ini Penyebab Fitur Canggih Terios Tidak Berfungsi

Priyo Wisaksono, Product 1 and 2 Dept Head Marketing Product Planning Division PT ADM, mengatakan, untuk kamera 360 derajat di Terios baru ini ada empat di spion kanan kiri, dan bumper depan belakang. Kata dia, kamera itu berfungsi hanya saat memindahkan gigi mundur atau dalam posisi R.

"Nantinya di head unit otomatis tampil dan view gambarnya di bagi dua, sebelah kanannya mundur sebelah kiri 360 derajat. Untuk tampilan sebelah kanan itu bisa di swicth ke tampilan gambar kamera sebelah kiri. Tinggal tekan tombol saja, jadi kamera belakang pindahkan ke kiri saja," katanya.

Ya, saat kami coba tampilan gambar pada layar di sisi kanan akam berubah jika menekan tombol around view monitor yang letaknya di sebelah kanan setir tepat di samping tombol front sensor dan tombol Vehicle Stability Control.

Lanjut dia, kenapa pindah kameranya hanya dari belakang ke kiri, karena untuk membantu pengemudi kalau parkir sebelah kiri dan terlalu mepet. "Jika transmisi sudah pindah ke D otomatis tampilan layar di head unit kamera viewnya tampilan depan. Nah, tampilan kamera itu akan mati selama 20 detik," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya