Mobil Mewah Ini Pecahkan Rekor Baru di Indonesia

Toyota Alphard 2015
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA – Pasar mobil keluarga atau yang biasa disebut multi purpose vehicle, laris manis di Indonesia. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor, mobil keluarga terbagi dalam tiga segmen, yaitu Low MPV, MPV dan Upper MPV.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Selama 2017, penjualan mobil di kelas Low MPV mencapai 253.808 unit dan MPV sebanyak 84.311 unit. Dan Upper MPV berada di urutan terbawah, dengan perolehan angka mencapai 7.941 unit.

Di segmen Upper MPV, berbagai model mobil berebut menempati posisi puncak penjualan dalam skala nasional. Dari data Gaikindo, Toyota Alphard menempati posisi pertama dengan perolehan jumlah penjualan sebanyak 3.208 unit pada periode Januari-Desember 2017.

Mobil Listrik Ini seperti Replika Alphard Mini, Harga Murah Meriah

Pencapaian Alphard di 2017 berhasil menorehkan rekor baru, yang sebelumnya juga dipegang oleh model tersebut. Tercatat, penjualan tertinggi Alphard yakni 2.833 unit pada 2012 lalu.

Posisi kedua ditempati Nissan Serena dengan perolehan angka penjualan secara wholesales atau pabrik ke diler sebanyak 1.305 unit.

Terpopuler: Daftar Harga Motor Matik 250cc Terbaru, Toyota Alphard Bekas Mulai Rp100 Jutaan

Meski selisih jauh dengan Toyota Alphard, namun mobil tersebut mencapai hasil positif dibanding tahun sebelumnya, yang tercatat 1.066 unit.

Di urutan ketiga ada Toyota Vellfire. Meski satu merek, namun mobil tersebut belum mampu menandingi penjualan saudaranya, Alphard. Tercatat, Vellfire hanya mampu menyumbang penjualan sebesar 918 unit selama 2017.

Selanjutnya, Mazda Biante yang bertengger pada posisi keempat. Mobil ini berhasil terjual secara wholesales sebanyak 455 unit. Angka ini turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 754 unit.

Urutan kelima diisi oleh Hyundai H-1, yang menyumbang penjualan Upper MPV sebanyak 323 unit. Angka ini menurun dibanding 2016, yang kala itu laku 329 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya