Gara-gara Xpander, Mitsubishi Harus Berkorban

Peluncuran Mitsubishi Xpander di Kota Medan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Toto Pribadi

VIVA – Produk baru andalan Mitsubishi, Xpander bukan hanya dijual di Indonesia saja. Mobil keluarga tersebut juga akan menjadi produk global.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

Nantinya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sebagai distributor resmi kendaraan penumpang Mitsubishi akan mengekspor Xpander ke beberapa negara.

Rencananya, mobil yang tengah naik daun itu akan diekspor awal tahun ini. Namun, Director of Sales and Marketing MMKSI, Irwan Kuncoro mengatakan, ada perubahan rencana.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

"Terkait ekspor Mitsubishi Xpander, waktu sedikit dimundurkan. Ini dilakukan untuk memberi kesempatan maksimal memenuhi kebutuhan suplai domestik," ujar Irwan di Bekasi, Jawa Barat, Selasa 23 Februari 2018.

Keputusan untuk memundurkan jadwal ekspor Xpander tersebut, kata Irwan, dilakukan oleh kantor pusat Mitsubishi Motors. Mereka melihat, pemesanan unit untuk pasar domestik yang masih belum semua terpenuhi.

Mitsubishi Janji Tingkatkan Ekspor Mobil Buatan Indonesia

Saat ini, surat pemesanan kendaraan Xpander mencapai 50 ribuan unit. Waktu tunggu untuk masyarakat Indonesia mendapat mobil keluarga segmen bawah tersebut mencapai tiga sampai empat bulan.

"Di rencana awal, kami mau mulai ekspor di awal tahun ini. Tapi, kami mundurkan mungkin sekitar pertengahan tahun," ujarnya. 

Untuk negara tujuannya, Irwan mengatakan, ada beberapa yang menjadi target, khususnya negara-negara di Asia Tenggara.

"Negaranya Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, Afrika Selatan, dan Mesir. Paling dekat Filipina, yang pasti ASEAN dulu. Kalau untuk Filipina, karakter konsumennya hampir sama dengan Indonesia." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya