Gran Max Bertenaga Buas: Jagoan Balap di Trek Lurus

Gran Max bertenaga buas.
Sumber :
  • VIVA/Pius Yosep Mali

VIVA – Jika melihat tampilan standar Daihatsu Gran Max pikap memang kental sebagai kendaraan angkut barang. Namun, bagi Imam 'Smurf' mobil bak tersebut justru disulap menjadi mobil balap.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Ya, Daihatsu Gran Max 1.5 buatan tahun 2016 ini dimodifikasi menjadi mobil balap trek lurus (drag race). Sederhana saja, Imam ingin kendaraan yang dimilikinya tampil berbeda saat berada di lintasan aspal.

"Sedan kalau melajunya kencang sudah biasa. Tapi kalau mobil pikap yang bisa lari kencang itu baru luar biasa," kata Imam.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Keseriusan Imam memodifikasi Gran Max ini dibutuhkan dengan mengganti mesin standar milik Honda seri B16. Mesinnya pun tak lagi dipasang di bawah jok seperti mobil pikap standar. Tetapi diletakkan di bagian tengah bak.

Hasilnya, kata Imam, Daihatsu Gran Max ini berhasil mencatat waktu 9,8 detik per 100 kilometer per jam saat bertarung di lintasan aspal. Bahkan, kata dia, mobil ini berani bertarung dengan mobil-mobil bermesin turbo di trek lurus.

Kendaraan Komersial ini Dimodifikasi dengan Ciamik

"Semuanya sudah di-upgrade untuk balap, mulai dari mesin. Kemudian saya pasang roll bar. Terus ban juga diganti untuk drag karena pas mesin sudah nyala, pakai ban yang biasa mobilnya enggak mau jalan, bannya enggak menapak, karena tenaganya besar," ujarnya.

"Ini masih belum puas sih. Ke depannya mau ganti mesin B20 Honda. Target saya bisa masuk kelas delapan detik mobil ini," ujarnya.

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023