Motor Modifikasi Kedua Gibran, Keren dan Taat Hukum

Motor modifikasi Gibran Rakabuming
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Selera modifikasi Gibran Rakabuming, anak Presiden Joko Widodo, ternyata berbeda dengan sang ayah. Jika Presiden Jokowi memilih gaya Chopper, maka Gibran memodifikasi motornya dengan gaya Cafe Racer.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Beberapa waktu lalu, motor Gibran dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show 2018. Dan kini, ia diketahui memiliki proyek modifikasi lainnya, yang berkonsep bobber.

Modifikasi sepeda motor Royal Enfield RE 500 milik Gibran dilakukan oleh builder dari Katros Garage, Andi Akbar. Pria yang akrab disapa Ateng itu mengatakan, perubahan yang dilakukan pada motor Gibran tidak ekstrem.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

"Sebenarnya modifikasinya ringan, karena untuk pemakaian harian. Ubahannya enggak ekstrem dan masih taat hukum," kata Ateng ditemui di acara Otobursa Tumplek Blek, Minggu 22 Juli 2018.

Motor modifikasi Gibran Rakabuming

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Tampilan motor, kata Ateng, tidak berbeda jauh dari mode standar Royal Enfield RE 500 Battle Green. Dia bersama tim hanya melakukan pengecatan ulang pada bodi dan mesin, pembuatan emblem serta grafis baru, mengganti ban dengan model dual purpose, serta penyesuaian posisi duduk.

Tampilan motor Gibran menjadi lebih sangar dengan warna hijau doff pada bodi, dengan kombinasi hitam pada mesin, pelek dan setang. Sementara, bagian mesin dibiarkan standar dan hanya dilakukan penggantian knalpot sesuai dengan aliran modifikasinya.

"Bagian paling rumit itu lengan ayun belakang, karena bikin sendiri lagi. Ubahan yang lain, suspensi depan saya buat lebih pendek, lalu setang kemudi pakai punya motor Cafe Racer, tapi memasangnya dibalik," tuturnya.

Untuk membangun sepeda motor Gibran, dibutuhkan waktu sampai dua bulan. Sejauh ini, kata Ateng, Gibran cukup puas dengan motornya. Namun, ada beberapa komponen yang akan ditambahkan untuk penyempurnaan tampilan.

"Ke depan, mau pasang cover lampu depan dan wrapping knalpot," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya