Mau Bikin Kawasaki W175 Ala Jokowi, Ini yang Perlu Diubah

Modifikasi Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi
Sumber :
  • Instagram @katrosgarage

VIVA – Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu membeli motor custom bergaya chopper, yang basisnya dari Royal Enfield Bullet 350. Tak puas dengan motor itu, Jokowi kemudian membeli Kawasaki W175 untuk dimodifikasi.

Komparasi Sepeda Motor Retro: Kawasaki W175 vs Yamaha XSR 155

Kali ini, mantan Gubernur DKI itu memilih gaya tracker untuk motor custom terbarunya. Padahal sang builder, Andi Akbar dari bengkel Katros Garage sempat menawarkan model chopper, namun Jokowi tidak tertarik.

“Modelnya itu gue harus bikin beberapa desain, mulai motor tracker hingga chopper. Mulai dari ubahan ringan sampai potong sasis,” ujar Atenx panggilan akrabnya, dalam video yang ia unggah di Youtube.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Yang menarik dari motor custom tersebut adalah, ada beberapa ubahan detail yang memang dipesan oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Salah satunya adalah emblem berwarna perak bertuliskan ‘Jokowi’, yang terbuat dari pelat galvanis dan ditempel di tangki.

Modifikasi Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Selain itu, Jokowi juga memesan khusus warnanya dengan kelir hijau. Karena menurutnya, warna merah yang sempat ditawarkan Atenx terlalu melambangkan partai politik tertentu. Untuk tangki dan bodi masih standar pabrikan, namun dibuat aksen jaring-jaring pada bodi samping.

Pada sektor kaki-kaki, Atenx mengganti suspensi depan W175 yang awalnya masih teleskopik, dengan upside-down milik Yamaha Xabre. Hal itu dilakukan, agar ukuran ban yang jauh lebih lebar dari standarnya bisa muat di tengah garpu.

Bukan hanya itu, demi kenyamanan, lengan ayun, gear dan rantai juga ikut diganti, menyesuaikan dengan bobot ban dan dimensinya. Pemilik bengkel Katros itu juga menyematkan under cowl atau cover dari pelat di bawah mesin, dan knalpot buatan bengkelnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya