Penasaran Biaya Modifikasi Motor Baru Jokowi

Motor custom Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali sukses membetot perhatian publik. Hal tersebut setelah keduanya motoran menuju lokasi acara Komunitas Kreatif Jawa Barat Kondusif di Jalan Braga, Bandung, Jabar.

Komparasi Sepeda Motor Retro: Kawasaki W175 vs Yamaha XSR 155

Jokowi menggunakan motor custom bergaya chopper bobber yang basisnya berasal dari Kawasaki W175, sementara Ridwan Kamil menggunakan Royal Enfield Classic 500 dengan kondisi standar.

Jika melihat harga standar Kawasaki W175, tentu jauh lebih murah dari Royal Enfield yang dimilikinya kendati dalam kondisi standar. W175 hanya dijual Rp29,8 juta. Sementara Royal Enfield Classic 500 edisi standar sekira Rp89,6 juta.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Namun yang membuat penasaran adalah berapa dana yang dihabiskan untuk mengubah W175 milik Jokowi menjadi seperti yang terlihat saat touring di Bandung, kemarin.

Sayang Andi Akbar, builder Katros Garage, selaku tempat modifikasi yang dipilih Jokowi bersama putranya Gibran Rakabuming Raka enggan berkomentar soal biaya.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

"Yang jelas biayanya lebih murah dari motor chopper Jokowi yang basicnya Royal Enfield Bullet 350 (Garapan Elderes Garage),” ujar Andi ditemui baru-baru ini.

Dia hanya menyebut, meski tampilan motor Jokowi berubah total, namun mesinnya masih standar. Motor berdesain retro lansiran Kawasaki memiliki tenaga maksimal 12,8 daya kuda di 7.500 rpm dan torsi 13,2 newton meter di 6.000 rpm.

Untuk sektor ubahan tercatat cukup banyak. Modifikasi nampak terlihat mulai dari area rangka, suspensi depan, pelek, ban, termasuk mengganti cover body, dan kelengkapan legalitas berkendara seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein.

Ubahan lain ada di bagian tangki, sepatbor depan belakang, jok, spion, hingga knalpot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya