Layaknya Rumah, Lantai Mobil Ini Dilapisi Kayu Jati

Kayu sebagai pelapis lantai mobil.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Unsur kayu pada interior mobil memang bisa membuat tampilan kabin menjadi lebih mewah. Biasanya, kayu digunakan sebagai aksen pemanis pada panel pintu dan dasbor. Beberapa produsen mobil ada juga yang membuat variasi setir dan kepala tuas transmisi menggunakan kayu.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Namun, yang dilakukan rumah modifikasi Larte-Design ini terbilang unik dan berbeda. Dilansir dari Autoevolution, Senin 1 Juni 2015, perusahaan yang berbasis di Rusia ini memiliki ide untuk memakai kayu sebagai bahan pelapis lantai, menggantikan karpet yang umum digunakan pabrikan mobil.

Mobil yang dijadikan sebagai bahan eksperimen adalah sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) yang jarang peminatnya, yaitu Lexus QX80. Seluruh isi kabin, mulai dari jok hingga karpet, dilepas, agar mereka dapat mengukur dan merancang lantai baru berbahan kayu.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Untuk kayunya, dipilih jenis kayu jati. Kayu ini umumnya digunakan sebagai bahan untuk membangun rumah, termasuk lantainya. Kekuatan kayu jati memang sudah terkenal sejak zaman dulu. Namun, untuk merawatnya, diperlukan penanganan khusus, agar tidak mudah lapuk dan rusak.

Setelah mendapat bentuk dan ukuran, para teknisi Larte-Design mulai membuat lantai kayu untuk mobil. Selain ruang kabin, lantai bagasi juga mendapat sentuhan kayu yang sama.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Keuntungan menggunakan kayu sebagai lantai adalah kita tidak perlu repot membersihkannya. Berbeda dengan karpet yang memerlukan penyedot debu, membersihkan lantai kayu cukup dengan lap saja.

Permukaan kayu yang cerah dan mengilap akibat lapisan pelindung juga membuat suasana kabin mobil menjadi lebih cerah dan glamor. Sayangnya, kayu dianggap kurang aman, terutama saat mobil mengalami kecelakaan. Selain itu, permukaan yang licin yang bisa membuat kaki mudah tergelincir. (asp)

bumper tanduk  pada mobil

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Saat tabrakan, kendaraan lain bisa rusak parah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016