Mobil Ambulans Karimun Wagon Dijual di Jakarta Fair 2015

Suzuki Karimun Wagon R yang dimodifikasi menjadi mobil ambulans.
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA.co.id - Dalam ajang Pekan Raya Jakarta 2015, yang digelar di Kemayoran, mulai 29 Mei hingga 5 Juli 2015, Suzuki tampil beda, dengan menghadirkan beberapa kendaraan andalannya yang dimodifikasi menjadi kendaraan dinas.

Mobil Kejutan dari Suzuki, Apakah Sang Legenda Jimny?

Salah satunya adalah modifikasi mobil murah dan ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC), Suzuki Karimun Wagon R. Mobil murah andalah Suzuki ini dimodifikasi menjadi sebuah ambulans mini untuk mengangkut pasien, atau korban kecelakaan.

Bayu Husodo, selaku Sales Executive Suzuki, Senin 1 Juni 2015, mengatakan dengan ukuran yang lebih kecil, mobil ini dinilai lebih lincah menembus kemacetan kota besar.

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

"Mobil kecil ini kan, lebih mudah kalau masuk gang yang ukurannya tidak terlalu besar. Sehingga, lebih bisa menjangkau pasien yang tinggal di gang sempit," ungkapnya kepada VIVA.co.id.

Bila dilihat dari luar, tak ada yang berubah dari tampilan Karimun Wagon R pada umumnya, hanya saja terdapat stiker ambulans, sirine, lampu rotary, dan rak untuk menempatkan ban cadangan di atap mobil.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Namun, hal yang berbeda akan tampak saat kita melihat sisi dalam mobil. Mobil mungil ini diberi kelengkapan layaknya mobil rumah sakit. Kabin LCGC bertransmisi manual ini juga dirombak dan disematkan beberapa perangkat kesehatan, seperti bangku penumpang depan dan baris kedua dicopot untuk dimanfaatkan sebagai lahan tandu stretcher dan tempat tidur pasien yang hendak dibawa ke rumah sakit.

Terdapat juga laci-laci untuk menyimpan obat-obatan dan bangku khusus untuk petugas medis di bagian samping dan bagasi mobil.

Mobil ambulans ini, diakui Bayu, dijual secara bebas kepada konsumen yang membutuhkan. Ada dua varian yang ditawarkan, Karimun Wagon RGA yang dibanderol dengan harga Rp139 juta dan Karimun Wagon RGL yang dijual dengan harga Rp152 juta. Perbedaan kedua varian mobil itu ada pada power steering dan audio mobil. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya