Sedan Enam Roda Bikin Heboh Jakarta

Sedan modifikasi karya Kupu-kupu Malam Auto Custom.
Sumber :
  • Rendra Saputra/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Sebuah sedan enam roda tampil menghebohkan pengunjung di pameran otomotif Indonesia International Auto Show (IIMS) 2015 di Kemayoran Jakarta. Sedan berkelir hitam dengan sentuhan garis warna-warni itu terlihat futuristik dan berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya yang ada di jalan raya.

Siapa sangka, mobil dengan pintu gunting itu merupakan sedan buatan 1952. Rumah modifikasi yang melakukan penggarapan 'ide jahil' tersebut yakni Kupu-kupu Malam Auto Custom.

Menurut salah seorang penggawa rumah modifikasi asal Yogyakarta itu, Kunto, mobil ini diberi nama Hati Nurani. Mobil ini merupakan kendaraan yang menganut aliran modifikasi ekstrem. Nama itu murni lahir dari sebuah filosofi. Kupu-kupu Malam meyakini, bahwa modifikasi sebuah mobil tidak sekadar mengandalkan desain, spesifikasi, dan uang.

"Kami pakai nama Hati Nurani karena ada hati yang memiliki peran penting dalam pengerjaan proyek modifikasi. Makanya kita lebih nyaman dengan nama itu,” kata Kunto saat berbincang dengan VIVA.co.id di JIExpo Kemayoran, Kamis 27 Agustus 2015.

Dia mengatakan, mobil ini mendapat sentuhan ekstrem dengan ukuran ditambah panjangnya. Namun demikian, sasis dari Chevrolet aslinya tetap dipertahankan.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Konsep mobil panjang diakuinya terinspirasi dari binatang belalang, tak heran jika kemudian mobil ini dibekali pintu 'gunting' sebagai manifestasi dari sayapnya.

Mobil ini dijejali lampu depan Eagle Eyes Projector dan Autovision untuk pencahayaan. Sistem Paint 90 Line Waterbase digunakan untuk mengecat Hati Nurani, plus tambahan grafis tribal tiga dimensi berwarna perak, merah, biru, dan kuning.

Masuk ke bagian dalam, interior kabin Hati Nurani terlihat canggih. Terdapat jok elektrik, tuas transmisi, dan pedal, yang semuanya dibuat khusus. Di depan tuas transmisi ada sederet tombol-tombol suspensi udara untuk masing-masing rodanya.

Soal perangkat hiburan, sedan ini dilengkapi dengan sistem tata suara DVD 2-DIN, amplifier Venom Monoblock (lima buah), amplifier Venom empat inci (tiga buah), subwoofer Venom 12 inci (empat buah), subwoofer Venom 10 inci (enam buah), satu set speaker split Venom, lima set speaker coaxial, dua buah monitor DVD tujuh inci, 40 buah monitor kecil 3,5 inci, serta dua buah kapasitor bank Venom.

Melirik dapur pacu, mobil ini ditanami mesin Chevrolet Small Block berkapasitas 5.700cc. "Ini mesin favorit untuk kendaraan modifikasi, sebab komponennya gampang ditemukan," ujar Kunto.

Namun sayang, dirinya mengaku, tak bisa menyebutkan dana yang harus dirogoh untuk menyulap sedan tua itu menjadi Hati Nurani. Yang jelas, pihaknya mengaku menghabiskan waktu enam bulan menggarap mobil ini.

"Mobil ini pernah ditawar orang kaya dari Dubai, tapi tidak kami lepas, karena ini mobil demo,” katanya.

bumper tanduk  pada mobil

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Saat tabrakan, kendaraan lain bisa rusak parah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016