Indonesia Jadi Tempat Lahir Asosiasi Modifikasi Asia Pasifik

Asia Pasific Car Tuning Association (APACT) resmi berdiri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi

VIVA.co.id – Meski disebut negara berkembang, Indonesia ternyata mampu menjadi basis industri otomotif dari berbagai merek di kancah global. Situasi itu juga berdampak pada industri car tuning atau modifikasi.

Balap Klasik Bakal Jadi Tren Modifikasi di 2020

Saat ini banyak menjamur rumah modifikasi, bengkel cat custom, installer car audio, pengrajin interior, bengkel mesin, importir produk otomotif serta event organizer yang mempunyai spesialisasi di dunia car tuning.

Dengan banyaknya industri car tuning ini membuat semakin bergeliatnya ajang modifikasi dengan penilaian skala nasional maupun internasional.

Truk Molen Mejeng di Pameran Modifikasi, Kok Bisa?

Oleh karena itu, hari ini, Rabu 1 Juni 2016, telah resmi berdiri Asia Pacific Car Tuning Association (APACT) yang merupakan wadah bagi asosiasi juri yang menaungi penjurian dunia car tuning.

Menurut Chief Operating Officer APACT, Boy Prabowo, hadirnya APACT memungkinkan industri akan mempunyai standardisasi penilaian yang terstruktur dan terukur.

Ada yang Beda dari Kontes Modifikasi IAM 2019

Selain itu, lanjut Boy, jika dilihat perkembangan modifikasi di Indonesia sejak 16 tahun lalu hingga 2016, tidak ada asosiasi yang bergerak di bidang penjurian.

"Jelas melalui APACT kami ingin bahwa iklim industri car tuning Indonesia makin sehat dan berkembang," kata Boy saat membuka acara press launching APACT di kawasan BSD, Tangerang Selatan, Rabu 1 Juni 2016.

Boy menjelaskan, APACT merupakan asosiasi resmi yang berbadan hukum, berizin legal menurut perundangan yang berlaku, taat pajak serta mempunyai hak cipta pada setiap produknya.

APACT mencoba menawarkan sebuah regulasi dengan sistem penjurian dan penilaian yang terstruktur rapi, terukur serta profesional.

Untuk penilaian dalam setiap ajang modifikasi, APACT mengklaim telah memiliki kurang lebih 300 kategori modifikasi yang telah dihakpatenkan atau Hak Kekayaan Intelektual.

”Dalam waktu dekat, kami akan melakukan pelatihan berupa seminar untuk juri dan juga kompetitor,” tutur Boy Prabowo.

Dengan adanya APACT ini, diharapkan semua pihak yang ingin mengembangkan industri car tuning di daerahnya akan semakin mudah dan terbantukan.

APACT, kata Boy, sudah menyediakan semua regulasi, juri, hardware, sofware hingga konsultasi agar ajang berjalan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya