Modifikasi VW Beetle 1200, Ketularan Jadi Suka 'Kodok'

Volkswagen Beetle 1200
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Mobil lawas bukan hanya meninggalkan sepenggal cerita bagi pemiliknya, tapi nilai estetikanya mampu membuat generasi muda menyukainya. Salah satunya adalah Patranegara, pemilik mobil jadul Volkswagen Beetle 1200.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Pria 32 tahun ini mengatakan, waktu masih kecil orangtuanya pernah memiliki VW safari, sejak itu ia mobil klasik racikan Jerman ini. Kata dia, saat duduk dibangku kuliah ia dibelikan orangtua VW 1200 tahun 1959 RHD (setir kanan) sebagai hadiah dan itu digunakan sehari-hari.

Ia menambahkan, karena kondisi VW pemberian orangtuanya saat itu tidak memungkinkan untuk dimodifikasi karena akan menelan biaya banyak, ia memutuskan untuk mencari bahan lagi dari basic VW 1200 LHD (setir kiri) Ragtop lansiran 1959 atau yang lebih dikenal VW Beetle.  

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

“Saya sempat restorasi VW pemberian orangtua, tapi di pertengahan jalan kondisinya memang terlalu sulit untuk direstorasi karena body keropos parah. Akhirnya, saya cari bahan lagi dan ketemu dengan VW 1200 LHD yang saya resorasi sendiri di rumah,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Menurutnya, dengan restorasi yang dilakukan sendiri dirasa lebih puas, karena untuk mendapatkan detail sesuai keinginan lebih mudah. “Aksesori sebagian saya gunakan orisinil VW, untuk keseluruhan bodinya saya powder coating dan platting copper,” tuturnya.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Pria asal Bandung ini mengatakan, untuk mesin ia menggabungkan komponen aftermarket dengan part bawaan pabrik. Jadi wajar saya kalau volume mesinnya membengkak dari 1200 cc jadi 1641 cc,tentu tenaga yang dihasilkan lebih besar.

“Jeroan mesin memang saya rombak abis-abisan biar mendapatkan tenaga besar. Penggantian yang saya lakukan itu pada piston, crankshaft, karburator serta perbandingan kompresi rasio, intake. Semua parts itu ada yang custom ada juga aftermarket,” katanya.

Data modifikasi

Mesin : Rebuilt 1641 cc

Crankshaft : Orisinil

Piston : 87 x 69 mm

Camshaft : Engle W120

Camgear : Straight cut

Flywheel : Custom

Head : Custom

Knalpot : EMPI

Kompresi rasio : 8,5 : 1

Transmisi : Manual 4-percepatan VW tipe 3

Karburator : Dellorto 4 barrel

Intake : EMPI

Eksterior

Warna : Fontana grey

Lampu depan/belakang : Hella

Pelek : R15 EMPI Raider

Ban depan : Hankook 145/55

Ban belakang : Hankook 145/65

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya