Kerugian Besar Cuci Motor saat Mesin Masih Panas

Cuci motor steam.
Sumber :
  • Aripitstop

VIVA – Salah satu kebiasaan pemilik motor yang berbahaya adalah mencuci tanpa melihat kondisi. Tanpa menunggu mesin dingin, proses pencucian dilakukan dengan alasan mempersingkat waktu.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Padahal tanpa disadari membawa efek yang kurang baik. Bisa-bisa timbul kerusakan fatal pada komponen sepeda motor.

Seperti dilansir situs resmi Honda, Kamis, 25 Januari 2018, bagian logam pada komponen motor dan air dingin saat akan mencuci merupakan dua hal yang bertentangan. Ketika besi panas langsung terkena air dingin terjadi perubahan suhu yang drastis, hal ini memberikan dampak yang sangat buruk.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Beberapa kasus yang terjadi, blok mesin jadi retak ketika tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas. Hukum fisika pun menyebut, saat terjadi perubahan suhu yang secara mendadak bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak.

Dampaknya memang tidak langsung, tapi ketika hal ini dilakukan berulang-ulang. Paling mudah melihat komponen di motor yang lebih cepat rusak akibat mencuci saat kondisi masih panas adalah bagian pipa knalpot. Selain besi yang bisa menguning, untuk model krome juga bisa membuatnya terkelupas.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Dampak buruk lain yang bisa ditimbulkan adalah timbul bercak yang menjadi noda di sekitar mesin. Hal ini terjadi karena kandungan detergen pada sabun mengering saat melekat ke bidang yang panas.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022