Yamaha XMAX Jadi Sasaran Permainan Oknum

Yamaha XMAX 250.
Sumber :
  • VIVA/Rendra Saputra

VIVA – Skutik bongsor buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, XMAX menuai kesuksesan di Tanah Air.

Ada Kejutan untuk Pembeli Motor Yamaha XMax

Hal ini terlihat dari membeludaknya konsumen yang memesan via jalur online. Waktu inden satu hingga dua bulan pun tak terhindarkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Deputy General Manager Marketing YIMM, Eddy Ang mengatakan, pihaknya telah menyediakan XMAX di sejumlah diler resmi di Indonesia. Namun, jumlah motor yang dikirim tak terlalu banyak, hanya sekitar 400 unit.

Selubung Motor Baru Yamaha Semakin Terang Benderang, Mirip NMax

"Januari sudah kami kasih ke diler. Totalnya 400 unit ke seluruh diler di Indonesia. Itu bulan Januari ya. Itu juga sudah habis. Februari nanti belum tahu (apakah akan dikirim ke diler)," kata Eddy di Jakarta, Senin 29 Januari 2018.

Kata dia, pengiriman skutik bongsor ke diler dilakukan dalam upaya mencegah adanya permainan para oknum nakal.

Sama-sama 125cc, Yamaha FreeGo Bakal Kubur Lexi?

Oknum tersebut memiliki modus membeli XMAX dalam jumlah banyak, namun dijual kembali dengan banderol yang lebih tinggi.

"Kami buka online tiap tanggal 10. Banyak yang beli, tapi nanti dijual dengan harga tinggi. Itu oknum, bukan dari diler kami. Solusi pencegahannya, jual ke diler," ujarnya.

Kata dia, perusahaannya belum memikirkan untuk menambah kapasitas produksi XMAX. Sebab, sejauh ini pihaknya masih meraba pasar skutik premium.

"Tahun lalu naik 1.300-1400 unit. Tahun ini kami mulai 1.000 unit se-Indonesia. Kami lihat permintaan, karena ini segmen baru," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya