Lelang Motor Tua, Ternyata Terjual Setara 65 Xpander

Lelang motor tua Vincent Lightning 1951.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Mungkin masyarakat sudah biasa disuguhkan dengan seliweran iklan penjualan mobil klasik dengan harga selangit mencapai puluhan miliar rupiah. Bagi kolektor, harga mobil klasik mencapai puluhan miliar mungkin tak menjadi soal, karena hal ini bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Honda GB 350 Bergaya Retro Gagah Resmi Meluncur

Namun jangan kaget, sebab kali ini ada 'sepeda motor tua' yang dijual dengan harga mencapai miliaran rupiah. Seperti dilansir Carscoops, Senin, 29 Januari 2018, kuda besi itu adalah Vincent Lightning 1951.

Vincent Lightning 1951 merupakan motor yang hanya diproduksi sebanyak 30 unit saja di dunia. Dari jumlah itu, 19 unit telah dipasarkan ke konsumen. Vincent Lightning 1951 menjadi istimewa karena statusnya yang langka dan dianggap menjadi superbike pertama di dunia.

Motor Buatan Thailand Bergaya Retro Ini Harganya Rp30 Jutaan

Kemampuan yang dimiliki Vincent Lightning 1951 telah dikenal bisa melampaui Jaguar XJ120, yang dikenal sebagai mobil tercepat di dunia dengan kecepatan 122 mph.

Motor klasik tersebut dibeli oleh seseorang di sebuah acara lelang Bonhams, Las Vegas, Amerika Serikat dengan harga 929.000 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp12,3 miliar. Angka itu tentu setara dengan banderol 65 unit Mitsubishi Xpander tipe termurah (Rp189 juta - on the road Jakarta).

Tampilannya Retro, Motor Honda 200cc Ini Harganya Rp30 Jutaan

Tak cuma soal kecepatan, motor tersebut mengundang daya tarik para kolektor motor klasik dengan rentetan sejarah panjangnya. Vincent Lightning itu telah ditunggangi beberapa legenda.

Salah satunya Rollie Free yang terkenal sukses mencatatkan rekor kecepatan di Bonneville pada 1948 silam. Tak hanya itu, Jack Ehret juga mencetak rekor baru di Australia yang melaju dengan kecepatan 141,4 mil per jam dan motor Vincent membawa kemenangan berikutnya.

"Rollie Free dan Marty Dickerson, kedua legenda di jagat Vincent. Motor ini juga mendapat pengakuan dari Ehret. Lightning Black yang paling penting karena salah satu mesin yang paling diminati di dunia," kata perwakilan lelang Bonham, Ben Walker.

Kata Ben, Vincent Lightning yang dibayar dengan harga Rp12,3 miliar ini merupakan harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah motor di balai lelang. Harga itu mengalahkan Harley-Davidson FLH yang pernah ditunggangi Peter Fonda di ajang Easy Rider dan terjual pada Oktober 2014 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya