Belajar dari Kasus Motor Terbakar, Apa Penyebab Utamanya?

Honda CRF150L yang terbakar di Kampung Ulin.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Kasus motor terbakar tentu sudah bukan hal baru lagi. Terakhir sempat heboh berita motor terbaru Honda, CRF150L yang terbakar. Nah, tentu menarik untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi penyebab utama dari kasus motor yang terbakar.

Garangnya Motor Operasional Kodam XVII Cendrawasih

Ya, setelah PT Astra Honda Motor mencari tahu, ada kemungkinan penyebab terbakarnya CRF150L itu karena pemiliknya telah melakukan modifikasi ektrem, karena sistem injeksinya telah diubah menjadi sistem karburator.

Menanggapi hal tersebut, Lerri Gunawan, General Manager Sales, Marketing & Logistik PT Daya Adicipta Motora sebagai distributor motor Honda di Jawa Barat, menyebut bahwa dengan adanya kasus tersebut konsumen harus jeli dalam hal modifikasi.

Striping dan Warna Baru Honda CRF150L Bikin Kesan Kian Tangguh

“Memang terkadang konsumen punya aktivitas untuk melakukan perubahan terhadap motor miliknya. Kita menyarankan modifikasi yang dilakukan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi di jaringan bengkel kami,” ujarnya kepada VIVA.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak-dampak yang ditimbulkan. Karena terkadang spesifikasi yang tidak sesuai dengan pabrikan pasti ada konsekuensinya, terlebih jika ubahan tersebut meliputi bagian mesin dan pengapian.

Ternyata Cicilan per Bulan Honda CRF150L Murah Juga

“Yang menggugurkan warranty karena perubahannya ke aspek mesin dan kelistrikan pasti gugur. Kalau ubahan di kaki-kaki tidak mempengaruhi warranty. Karena dari data survey kita, konsumen CRF150L modifikasi pertama yang dilakukan pada ban dan velg yang lebih ringan,” katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022