Penasaran Keiritan Scoopy, Seliter Bensin Bisa Berapa KM?

All New Honda Scoopy.
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Scoopy merupakan salah satu motor terlaris Honda di Indonesia. Bulan Januari 2018 saja, motor itu dapat terjual secara nasional hingga 69.586 unit. Angka itu pula yang mengantarkannya sebagai motor terlaris kedua di Tanah Air saat ini.

Motor Honda Scoopy Ini Bikin Warga Kampung Gembira

Baca juga: Daftar 10 Motor Paling Laris di Awal 2018

Selain desain, banyak orang di Indonesia yang mengincar motor dengan konsumsi bahan bakar irit. Alasannya tentu saja agar ekonomis, dan tak membuat tekor kantong. Lalu bagaimana dengan Scoopy?

Daftar Harga Honda BeAT, Scoopy dan Genio per Januari 2022

Menurut Honda, Scoopy punya kelebihan dalam hal keiritan BBM. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 59 kilometer per liter. Angka itu berdasarkan pengujian ECE R40 melalui fitur ISS dan pengetesan Euro3. Sementara dalam pengetesan Euro2, bisa mencapai 61,9 kilometer per liter.

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor Thomas Wijaya di Jakarta, Rabu 14 Februari 2018, mengatakan, sepanjang diperkenalkan ke publik sejak 2008, pihaknya sudah berhasil menjual 2,5 juta unit Scoopy di seluruh penjuru Indonesia.

Punya Uang Segini Bisa Kredit Yamaha Fazzio, Matik Pesaing Scoopy

Sementara itu menurut Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma, Scoopy sebenarnya merupakan produk motor yang sempat diragukan penjualannya. Mereka mengaku pesimis sewaktu Scoopy lahir pertama kali.

Namun ternyata respons masyarakat berbeda. Motor ini justru menjadi salah satu 'striker' penjualan AHM. "Pada saat itu (generasi Scoopy pertama), di Indonesia kami belum melihat pasarnya. Karena, bentuknya yang membulat. Dan saya ingat AHM enggak percaya bisa menjual Scoopy di Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Honda Scoopy Baru Rancangan Orang Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya