Motor Tercepat Suzuki Bakal Pakai Transmisi Semi Otomatis

Suzuki Hayabusa.
Sumber :
  • Motomalaya

VIVA – Suzuki sempat membuat penggemarnya kecewa berat, karena belum juga menghadirkan Hayabusa edisi 2018 dengan banyak pembaruan. Namun sebenarnya Suzuki tak diam berpangku tangan.

Pekan Depan Suzuki Luncurkan Motor Baru

Merek asal Jepang itu rupanya sadar dan terus bergerak untuk menyiapkan Hayabusa terbaru dengan banyak sekali pembaruan. Kabar terbaru menyebut, motor yang sempat menyandang sebagai ‘kuda besi’ tercepat di bumi itu bakal mendapat sistem transmisi semi otomatis.

Seperti dilansir Motorcycle, Selasa 20 Februari 2018, Suzuki bahkan sudah mengajukan paten untuk sistem transmisi semi otomatisnya ke tiga negara sekaligus, yaitu di Jepang, Amerika Serikat dan Jerman.

Edisi Baru Motor Terkencang Sejagat Segera Mengaspal

Konsep dari transmisi semi otomatis adalah penggunaan aktuator untuk mengendalikan kopling dan perpindahan roda gigi, dengan menggunakan pedal kaki. Paten difokuskan pada posisi aktuator dengan memanfaatkan ruang kosong dan bisa didinginkan oleh hembusan udara.

Saat proses perpindahan gigi dengan kaki pedal bergeser, sinyal langsung dikirim ke ECU untuk memulai perubahan gigi. Hayabusa terbaru dengan transmisi semi otomatis rencananya akan meluncur pada 2019. Tak jelas, selain mesin, apa saja yang mendapat ubahan pada Hayabusa terbaru.

Popularitas Skutik Bermesin 110Cc Bakal Digeser Skuter Listrik

Yang pasti, kubikasi mesin bakal berubah jadi 1.440cc dengan penambahan turbocharger. Sektor mesin berubah karena bagian dari rencana Suzuki yang ingin bersaing dengan produk kompetitor Ninja ZX-14R. Dengan transmisi semi otomatis plus turbo, diharap akan menjadikan motor ini punya performa tinggi namun tetap efisien bahan bakar di kelasnya.

Ilustrasi gambar motor Suzuki GSX-250R warna baru

Motor Sport Ini Mendapatkan Penyegaran Warna Baru

Belum lama ini Suzuki Motor memberitahu bahwa ada salah satu produknya yang mendapatkan penyegaran untuk memenuhi para pelanggannya. Motor ini diberi nama GSX-250R

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2022