Cuma Satu yang Punya di RI, Apa Istimewa Ninja H2 Carbon

Amin, satu-satunya pemilik Ninja H2 Carbon di Indonesia.
Sumber :
  • Kawasaki Motor

VIVA – Baru-baru ini publik pencinta roda dua di Tanah Air dihebohkan dengan acara 'unboxing' yang digelar PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Motor berstatus terbatas Ninja H2 Carbon itu ternyata berhasil dimiliki salah seorang warga Tanah Air.

Sultan yang Sering Bagi-bagi Uang Naik Moge Hilang dari Jagat Maya

Adalah pria bernama Amin Andrianto, pengusaha asal Kalimantan, yang merogoh koceknya dalam-dalam untuk menebus Ninja H2 Carbon. Amin pun kemudian diganjar predikat sebagai satu-satunya orang Indonesia yang punya motor beringas Kawasaki itu.

Lalu sebenarnya apa kehebatan motor berharga Rp835 juta itu? Seperti dikutip dari situs resmi Kawasaki, Selasa 27 Februari 2018, sesuai namanya motor ini dibekali material carbon-fibre reinforced polymer (CFRP).

Pas Banget, Motor Ninja Jatuh Depan Bengkel Kawasaki

Kawasaki Ninja H2 Carbon yang cuma diproduksi 120 unit dilengkapi dengan kode identitas, di mana Kawasaki membenamkan serial number plate pada blok mesin.

Kawasaki Ninja H2 Carbon.

Siap Goda Kaum Tajir, Kawasaki Ninja Bertenaga Buas Hadir 2022

Kawasaki Ninja H2 Carbon. Foto: Dok VIVA

Selain itu, Ninja H2 Carbon juga dilengkapi dengan slipper clutch, teknologi yang diaplikasi dari ajang balap yang mampu membuat roda belakang tetap menapak di jalan saat dilakukan penurunan gigi mendadak untuk menghindari gejala roda melompat atau tergelincir. Pengaplikasian slipper clutch ini juga membantu memperingan pengoperasian tuas kopling.

Untuk mesin, sebenarnya tak ada perbedaan dengan H2 edisi standar. Mesinnya masih mengusung kapasitas 998 cc empat silinder segaris dengan supercharger. Dengan tambahan supercharger, performanya sungguh luar biasa. Jantung mekanis ini mampu memuntahkan tenaga 215 PS pada 11.000 rpm dan torsi 133,5 Nm pada 10.000 rpm.

Peluncuran Kawasaki Ninja H2

Kawasaki Ninja H2. Foto: Dok VIVA

"Supercharger milik Kawasaki menawarkan efisiensi di berbagai rentang rasio, putaran mesin dan kecepatan," sebut Kawasaki.

Mesin lalu disandingkan dengan transmisi enam-percepatan manual berjenis dog-ring. Teknologi ini biasa digunakan pada MotoGP dan Formula 1 untuk menghasilkan perpindahan gigi yang halus serta cepat.

Selanjutnya>>> Banjir fitur

Banjir Fitur

Karena mengusung berbagai kelebihan, wajar saja jika Ninja H2 Carbon punya harga lebih mahal ketimbang versi H2 biasa. Ninja H2 standar dijual Rp660 juta. Sedangkan H2 Carbon sekira Rp835 juta.

Salah satu yang diandalkan pada Ninja H2 Carbon adalah dibenamkannya Ohlins electronic steering damper. Fungsinya untuk memudahkan pengendalian Ninja H2 Carbon. Jadi saat berada di kecepatan rendah, setang terasa ringan untuk dipakai meliuk-liuk di kemacetan.

Kawasaki Ninja H2.

Kawasaki Ninja H2. Foto: Kawasaki

Saat Anda melaju di kecepatan tinggi, kemudi otomatis menyesuaikan lebih berat agar rasa berkendara semakin stabil. Suspensi belakangnya menggunakan Ohlins TTX36. Fungsinya, selain meningkatkan kestabilan di belakang saat menikung, juga bantingan yang berkualitas di berbagai permukaan jalan.

Pada sektor keamanan, kaki-kaki dibenamkan cakram ganda dari Brembo. Sementara rem belakang pakai cakram tunggal Brembo.

Kawasaki Ninja H2 di EICMA 2014.

Kawasaki Ninja H2. Foto: Dok VIVA

Ninja H2 Carbon juga dilengkapi Kawasaki Cornering Management Function (KCMF) untuk memonitor parameter mesin dan rangka saat melewati tikungan. Teknologi ini mengatur kekuatan pengereman dan mesin agar transisinya halus dari berakselerasi ke pengereman dan sebaliknya.

Ada pula beragam fitur keren lainnya, seperti kontrol traksi, engine brake control, hingga Kawasai Launch Control Mode yang punya fungsi berbeda-beda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya