Gara-gara Ini Penjualan GSX-R150 Turun Tajam

Suzuki GSX-R150 versi murah.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Penjualan pabrikan sepeda motor Suzuki mengalami penurunan. Tercatat, pada Januari 2018 mereka menjual 6.051 unit motor. Namun, angkanya turun menjadi 4.500 unit di bulan berikutnya.

4 Motor Sport Suzuki yang Bisa Jadi Pilihan untuk Dibeli

Pemasaran beberapa produk mereka turun, salah satu yang paling tajam adalah GSX-R150. Hal ini sebagaimana data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia atau AISI. 

Pada Februari, motor sport dengan dengan model fairing itu harus menelan pil pahit, karena hanya terjual 848 unit. Jumlah ini jauh lebih rendah dibanding bulan sebelumnya, yaitu 2.330 unit. 

Daftar Harga Yamaha R15 Baru, CBR150R dan GSX-150R, Pilih Mana?

Kepala Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Divisi Roda Dua Yohan Yahya mengatakan, penurunan drastis GSX-R lantaran langkah yang memang ditempuh oleh perusahaannya. Yakni mengurangi stok motor tersebut. 

"Masalah itu, memang secara supply, kami agak sedikit mengurangi," kata Yohan kepada VIVA di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018. 

Pekan Depan Suzuki Luncurkan Motor Baru

Ia mengungkapkan, beberapa alasan stok model tersebut dikurangi di diler. Pertama, karena bulan Februari waktunya pendek, yakni hanya 28 hari. Ditambah, kata Yohan, adanya hari libur nasional. 

"Ada libur imlek di Februari. Kami mencoba menyeimbangkan stok kami," ujarnya. 

Namun demikian, ia mengklaim penjualan retail atau langsung ke konsumen tidak mengalami penurunan.

Sementara, data yang dirangkum AISI merupakan wholesales yakni pemasaran dari pabrik ke jaringan diler resmi. 

"Secara wholesales betul (menurun). Khususnya di model Satria dan GSX," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya