Penjualan Satria 'Terjun Bebas', Ini Dalih Suzuki

Sonic 150 vs Satria FU 150.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Persaingan sepeda motor dalam negeri semakin sengit. Salah satunya terjadi pada segmen bebek sport, yaitu Honda Sonic dan Suzuki Satria. 

Baru Dipake Setahun, Murah Satria F150 atau Sonic 150R?

Mengawali 2018, keduanya berebut pangsa pasar roda dua di Tanah Air. Pada Februari, Sonic meraup penjualan sebanyak 2.818 unit. Jumlah tersebut meningkat dari Januari, 2.340 unit. 

Sementara, sebagaimana data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Suzuki Satria laku 2.425 unit di Januari. Kemudian, menurun di bulan berikutnya menjadi 983 unit. 

Suzuki Luncurkan Satria F150 Edisi Crossover

Jumlah penurunan distribusi Satria cukup tajam, mencapai 59 persen. Berbeda dengan Sonic yang justru menanjak sekitar 20,3 persen. 

Kepala Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Divisi Roda Dua, Yohan Yahya, mengakui, pemasaran salah satu produknya itu mengalami penyusutan. Tetapi, itu terjadi di level wholesales atau pengiriman dari pabrik ke diler. "Betul, (penurunan) khususnya di model Satria dan GSX ya," kata Yohan kepada VIVA di Jakarta, Rabu 14 Maret 2018. 

Daftar Motor Honda yang Laku Keras di Jawa Barat

Ia menyebut, penjualan Satria menurun lantaran stok produk memang sengaja dikurangi. Penyebabnya, karena waktu di Februari sangat singkat. "Secara supply, kami agak sedikit mengurangi. Februari itu waktunya pendek, hanya 28 hari. Ditambah ada libur imlek," ujarnya. 

Namun, kata Yohan, Suzuki sedang berupaya untuk menyeimbangkan persediaan barang dengan kebutuhan yang ada di pasar. Sehingga, penjualan lebih stabil.  "Kami mencoba balance stok." (mus) 

Suzuki Satria F150 Baru

Baju Baru Suzuki Satria F150 untuk Tahun Baru 2022

PT Suzuki Indomobil Sales punya cara unik untuk menyambut tahun baru 2022, yakni dengan lebih berani memperkenalkan Suzuki Satria F150 dengan baju baru,

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021