Melirik Bisnis Restorasi Motor Jadul, Untungnya Bikin Kaget

RX King restorasi yang dijual Rp85 juta.
Sumber :
  • Foto kiriman Asfa

VIVA – Beberapa waktu lalu, Honda Astrea Grand milik Zubastian bikin heboh. Sebab, Astrea Grand lansiran 1991 itu laku terjual hingga Rp75 juta. Padahal, harga normalnya jika dalam keadaan bekas hanya Rp3 jutaan.

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Zubastian sendiri telah merombak motor jadulnya itu seperti dalam kondisi baru. Bodi, kaki-kaki sampai mesin sudah direstorasi. Bahkan, restorasinya saja menelan biaya sampai Rp30 juta, sebab komponen yang digunakan orisinil baru bukan copotan.

Tentu, bukan hal yang mudah untuk mencari komponen baru motor lansiran 90-an, mengingat motor tersebut sudah tidak lagi diproduksi. Sebab itu, bagi pecinta Astrea atau C70, cara mengakalinya bisa menggunakan komponen replika.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Nandar Sunandar pemilik bengkel motor klasik, Black Motorcycle Custom mengatakan, mencari parts baru untuk motor tua susah-susah gampang, makannya kebanyakan pakai copotan atau replika. Kata dia, replika juga enggak ketahuan karena benar-benar mirip.

Yamaha Siap Hidupkan Mbahnya RX-King dengan Teknologi Modern

“Bahan yang digunakan juga sama, dari segi detil atau dimensi part replika dan orisinil sama. Kami juga menerima restorasi, misalnya C70 kami kenakan biaya Rp5 juta sudah termasuk kelistrikan, dan mesin,” ujarnya kepada VIVA di Puribeta 2, Ciledug, Tangerang, Jumat 16 Maret 2018.

Menurutnya, kalau hanya bodi satu set biayanya Rp1,3 juta tinggal plug and play dan bentuknya mirip dengan aslinya, sedangkan untuk biaya restorasi mesin saja Rp1 juta. Kata dia, kalau komponen mesin masih bisa didapat yang orisinilnya.

Jika terpisah, untuk harga knalpot C70 repilka itu Rp165 ribu model stainless, boks aki Rp75 ribu bahan plastik, kalau bahan pelat Rp150 ribu. Sementara itu, untuk batok lampu replika C70 harganya Rp500 ribu lengkap dengan speedometer dan lampu, untuk yang orisinil copotan satu set Rp1,5 juta.

“Astrea Grand kalau pakai replika juga harganya sama saja dengan C70, saya kemarin bangun Astrea 1992 total habis Rp6 juta saja, soalnya kalau pakai copotan kena cat ulang lagi karena jarang yang mulus,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya