Pakai BBM Oktan Tinggi Bikin Tangki Motor Cepat Keropos?

Harga Pertamax Tak Turun-turun.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Besarnya kebutuhan akan bahan bakar minyak menimbulkan mitos-mitos tersendiri di masyarakat. Salah satunya soal bahan bakar oktan tinggi bagi sepeda motor.

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Ada yang menyebut BBM beroktan tinggi justru membuat tangki cepat keropos, ditambah lagi bisa membuat mesin cepat panas. Apa benar?

"Ini salah. Justru dengan oktan lebih tinggi, seperti Pertamax, punya daya menangkap kandungan air di udara lebih tinggi dibanding Premium," kata Tomy Huang, dari Bintang Racing Team (BRT) Cibinong, Jawa Barat.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Seperti diketahui, air bisa membuat korosi jika bersentuhan dengan logam. Penyebab tangki keropos sendiri biasanya karena tutup tangki yang terbuka di atas.

"Tapi biasanya motor tipe sport lebih cepat keropos. Sebab tutup tangki motor jenis ini modelnya terbuka di atas. Jadi, kemungkinan air hujan atau akibat mencuci merembes, lebih besar dari bebek atau skuter," ujar Tomy.

Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

Sementara anggapan BBM oktan tinggi bikin mesin cepat panas, Tomy meluruskan. Ini kata dia, mengacu kepada sistem kerja motor.

"Power yang dihasilkan mesin adalah konversi dari energi panas bahan bakar jadi energi gerak. Semakin besar ledakan dari pembakaran, energi gerak atau power mesin jadi gede."

Agar power mesin besar, kata dia, harus ditunjang pembakaran sempurna. Ciri pembakaran sempurna salah satunya menghasilkan kalor atau energi panas yang besar. "Jadi wajar saja kalau menggunakan BBM oktan tinggi mesin sedikit lebih panas. Karena pembakaran lebih sempurna. Namun power-nya lebih besar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya