Tiga Fungsi Lain dari Knalpot yang Jarang Diketahui Orang

Knalpot motor yang dilengkapi dengan pelindung.
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Knalpot merupakan salah satu peranti wajib pada sepeda motor. Selama ini knalpot dipahami sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran. Padahal ternyata knalpot yang acap dimodifikasi para pemiliknya punya banyak fungsi lain.

Polisi: Pria Masukkan Kelamin ke Knalpot Alami Gangguan Mental

Apa saja? Berikut seperti dilansir situs resmi Honda, Kamis, 5 April 2018. Pertama, knalpot ternyata juga berfungsi sebagai peredam suara mesin. Karena mesin sepeda motor menggunakan teknologi pengkompresan udara kemudian dibakar atau meledakan bahan bakar untuk diubah menjadi tenaga gerak. Maka ledakan tersebut pasti mengeluarkan suara keras dan mengganggu.

Untuk itu butuh komponen guna meredamnya yang disebut knalpot. Peredaman suara juga bervariasi, ada yang diatur dengan suara yang masih agak keras namun 'merdu', ada yang disetel pelan dan sebagainya.

4 Cara Atasi Kaki yang Kena Knalpot Motor Panas

Kedua, yakni meningkatkan tenaga mesin. Tak dipungkiri karena knalpot sifatnya meredam, maka gas buang hasil pembakaran mesin kadang dihambat lajunya. Peredaman tersebut menjadikan tenaga mesin berkurang.

Knalpot motor.

Wajib Tahu Pentingnya Tak Mengganti Knalpot Motor Bawaan Pabrik

Namun dengan pengaturan dan perhitungan yang tepat, knalpot justru bisa jadi pendongkrak tenaga mesin sepeda motor. Untuk peredam gas buang yang bisa mendongkrak tenaga mesin sepeda motor ini biasanya disebut dengan knalpot racing dan biasanya memiliki suara lebih keras dibanding knalpot standar bawaan pabrik.

Ketiga, mengurangi polusi udara. Di era sekarang ini, knalpot sudah dibekali teknologi catalityc converter yang berfungsi membantu mengkonversi karbon yang keluar melalui gas buang kendaraan bermotor. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi emisi gas buang yang dikeluarkan dan dapat mengurangi peningkatan polusi udara. (ren)

Polda Banten Musnahkan Knalpot Brong. (Yandi/VIVA.co.id)

Ribuan Knalpot Brong Terkena Razia Polda Banten

Ada Ribuan Knalpot Brong Terkena Razia Polda Banten, Massa Peserta Pemilu 2024 diminta pakai knalpot standar.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2024