Penjualan Turun, Yamaha Klaim Peminat XMAX Masih Banyak

Yamaha XMAX 250.
Sumber :
  • Yamaha Motor

VIVA – Saat ini, Yamaha Indonesia memiliki skutik bongsor bermesin 250cc, XMAX, tanpa punya tandingannya di dalam negeri. Motor tersebut sempat menjadi primadona, mengingat pemesanannya membeludak dan membutuhkan waktu lama. 

Yamaha Pede Aerox 155 Masih Sanggup Lawan Honda Vario 160

Ditambah lagi, kuda besi tersebut tak bisa langsung dibeli di diler resmi. Bagi konsumen yang ingin membeli harus melewati pemesanan secara online

Merujuk data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia, tercatat XMAX terjual sebanyak 1.092 unit selama Januari 2018. Kemudian, meningkat 11,9 persen menjadi 1.222 unit pada Februari. 

Skutik Canggih Yamaha Langsung Terjual 1.000 Unit Dalam 5 Jam

Namun sayangnya, pencapaiannya pada Maret tak berbuah manis, produk itu hanya laku 731 unit. Atau menurun dibanding bulan sebelumnya sekitar 40,2 persen. 

Turunnya peminat skutik di keluarga Maxi Scooter pada Maret itu, ditanggapi Public Relation Manager Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro. 

Membedah Kerja Hybrid di 3 Detik Pertama pada Yamaha Fazzio

Ia mengklaim, rendahnya distribusi terhadap XMAX 250 selama periode tersebut, akibat penyesuaian permintaan pasar yang dilakukan oleh pabrikan. 

"Kami merespons permintaan pasar, tapi ini semua enggak bisa dinilai hanya satu bulan (penurunan penjualan XMAX)," kata dia, Rabu 18 April 2018.  

Namun demikian, ia mengatakan, permintaan pasar terhadap skutik gambot di dalam negeri itu cukup baik. Meski tak dipungkiri, harga yang dibanderol cukup mahal. 

"XMAX ini kan menerapkan sistem penjualan online, jadi konsumen bisa order via online, peminatnya masih banyak. Dengan mesin 250cc dan harga di kisaran Rp58 jutaan ini segmented banget," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya