Logo ABC

Pengemudi Motor Didenda 5 Juta karena Tali Helm Kendor

Julian Collis, difoto ini bersama anak laki-lakinya, Zander, 2, mengatakan dia akan menentang denda yang diberikan kepadanya.
Julian Collis, difoto ini bersama anak laki-lakinya, Zander, 2, mengatakan dia akan menentang denda yang diberikan kepadanya.
Sumber :
  • abc

Seorang pengendara motor di Australia dikenakan denda sebesar $ 550 atau Rp 5,8 juta hanya karena tali pengikat helmnya longgar. Padahal, menurutnya, dia sengaja mengendur tali itu untuk memudahkan berbicara dengan petugas polisi yang memerintahkannya untuk menepi.

Julian Collis sedang mengendarai sepeda motornya di pinggiran kota Malaga di utara Perth, Australia Barat ketika dia diperintahkan untuk menepi oleh dua petugas polisi dengan alat radar kecepatan kendaraan, yang menanyakan apakah dia sedang ngebut.

Julian Collis mengatakan pada awalnya ia menduga ia hanya akan menerima pelanggaran kecil – tapi ia sangat terkejut ketika ia dikenakan denda sebesar $ 550 atau setara Rp 5,8 juta serta diturunkan 4 poin demerit, yang merupakan denda yang ditetapkan oleh Komisi Keselamatan Jalan akibat mengendarai sepeda motor dengan pengemudi dan/atau penumpangnya tidak menggunakan helm pelindung yang sesuai.

Dia mengatakan kedua petugas itu telah menghentikannya sebelum memintanya untuk memeriksa mesinnya untuk menilai seberapa cepatnya ia telah memacu sepeda motornya.

"Saya mengatakan, "apakah saya mengebut? " Dan mereka berkata, "tidak".

"Dia tidak mendenda saya karena tingkat kecepatan motor saya, tetapi dia kemudian memeriksa sepeda motor saya."

Julian Collis, yang berprofesi sebagai teknisi di industri yang diakses oleh tali yang memegang sejumlah kualifikasi dalam hal tali-temali dan keamanan, mengklaim dia sengaja ditargetkan oleh polisi.