Honda Forza Punya Fitur Canggih HSTC, Apa Sih Fungsinya

Motor Honda Forza di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Astra Honda Motor baru saja secara resmi motor terbarunya di Tanah Air, Forza. Skuter matik premium berkapasitas 250cc itu dijual dengan banderol Rp70 juta dan digadang-gadang bakal jadi penantang tangguh Yamaha Xmax.

Honda Forza 125 Mengaspal, dan Mobil Meledak saat Kejar Tesla

Selain desain menarik yang ditawarkan, Honda Forza juga menawarkan fitur andalan yang tak bisa ditemukan di motor lain. Ya, teknologi itu adalah Honda Selectable Torque Control atau HSTC. Fitur ini jadi fitur pertama yang diterapkan pada skuter matik.

Publik tentu penasaran dengan fungsinya. Menurut Honda dalam keterangannya, fitur ini membuat motor tak mudah selip.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

HSTC bekerja mengandalkan sensor ABS yang terletak di roda depan dan belakang. Sistem ABS akan membaca putaran kedua roda, ketika terjadi gejala selip ditandai dengan perbedaan kecepatan putaran antara kedua roda dan menginput.

Tombol HSTC di Honda Forza 250.

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

Maka ECU kemudian akan memerintahkan sistem injeksi mengurangi volume semprotan bahan bakar. Sehingga terjadi pengaturan torsi pada roda belakang dan tetap bisa bertraksi.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengandalkan jari di tangan kiri. Caranya cukup tekan tombol yang ada di handle kiri, bisa dinyalakan atau dimatikan.

Untuk menemukan tombol HSTC di handle kiri, kamu tinggal cari tombol dengan logo "T". Apabila HSTC menyala di speedometer, itu artinya fitur tersebut tengah aktif, jika tidak artinya sebaliknya. dengan begitu, fitur tersebut bisa diaktifkan atau dimatikan sesuai keperluan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya