Ini Harga Motor yang 'Dipakai Jokowi' di Pembukaan Asian Games

Yamaha FZ1 Fazer.
Sumber :
  • zombiedrive

VIVA – Presiden Joko Widodo beberapa jam terakhir, ramai diperbincangkan khalayak seputar aksinya di pembukaan Asian Games 2018. Walaupun belakangan diketahui, aksi tersebut dilakukan seorang stuntrider, alias stuntman.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Bukan cuma aksi Jokowi saja yang diperbincangkan, segala urusan termasuk motor yang digunakannya pun menarik perhatian masyarakat.

Seperti diketahui, motor yang digunakan Presiden Jokowi dalam video pembuka Asian Games 2018, adalah Fazer. Motor tersebut merupakan buatan Yamaha dan memiliki harga Rp136 jutaan untuk pasar global.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Sepintas, FZ1 Fazer memang mirip dengan moge FZ8. Hanya saja, pada bagian desain kepala terlihat berbeda.

Presiden Jokowi Naik Motor di Upacara Pembukaan Asian Games

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Dilansir Topspeed, Minggu 18 Agustus 2018, FZ1 dibekali mesin empat-tak berkapasitas 998cc DOHC Fuel Injection. Motor ini memiliki tenaga buas sebesar 150 daya kuda (dk) dan torsi 106 Newton Meter. Mesin kemudian dikawinkan dengan sistem transmisi manual enam-percepatan.

Model ini masih menggunakan rantai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, dengan catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 kilometer.

Sehari-hari, FZ1 dikendarai Paspampres untuk mengawal Presiden. Biasanya motor ini selalu ditunggangi dua orang. Seorang bertugas membawa sepeda motor, sedangkan seorang lainnya duduk tegap dengan senapan serbu di tangannya.

Dua moge Yamaha pengawal Jokowi.

Selain bertugas melakukan pengawalan, terkadang mereka juga membantu 'memecah' kepadatan lalu lintas. Yang pasti, pasukan bermotor ini turut memastikan sang kepala negara mendapatkan jalan tanpa hambatan.

Perawatan ekstra

Beberapa waktu lalu, VIVA sempat berbincang-bincang dengan petinggi Yamaha Indonesia soal motor pengawal Jokowi itu. Menurut Yamaha, motor yang digunakan oleh pengawal Presiden merupakan motor khusus yang dibeli dengan menggunakan surat negara terlebih dahulu.

Perawatannya pun tak sembarang. Karena, ada tim Yamaha yang khusus mengurus motor Yamaha CBU (Completely Built-Up). Mereka, biasanya akan datang untuk memperbaiki, atau motor terlebih dahulu dijemput untuk selanjutnya dibawa ke bengkel yang telah ditunjuk.

"Pihak pemerintah yang minta ke pihak Yamaha. Kami enggak menawarkan. Untuk suku cadang, itu biasanya kalau motor negara, impor komponennya menggunakan jalur khusus. Jadi, kita kasih tahu suku cadangnya, biasanya oleh pemerintah dipermudah bea masuknya. Kita hanya kasih tahu harga dari sana berapa, biaya di sini terserah dari mereka," kata salah seorang petinggi Yamaha Indonesia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya