Punya Motor Listrik, Jangan Pusing Mau Cucinya

Motor Viar Q1 di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Triangle Motorindo selaku produsen sepeda motor Viar di Indonesia, memiliki produk Viar Q1 terbaru di pasar otomotif Tanah Air. Motor bertenaga listrik itu dijual dengan harga Rp17,15 juta dengan status on the road Jabodetabek. 

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Selain memiliki kapasitas aki 2 kilowatt hour yang membutuhkan ‘pengecasan’ sekitar 5-7 jam, 'kuda besi' ini juga dibekali charger input 220 volt yang mampu mengeluarkan tenaga 50 Hertz. Daya tarik lainnya, bobot Viar Q1 hanya sekira 78,5 kilogram.

Terlepas dari hal itu, banyak pertanyaan terkait perawatan sepeda motor listrik ini. Salah satunya perihal keamanan saat mencuci motor. Apakah berbeda dengan kendaraan roda dua konvensional saat pencuciannya. 

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Hal ini ditanggapi Marketing Communication PT Triangle Motorindo, Frengky Osmond. Ia mengklaim skuter listrik asal Semarang, Jawa Tengah ini aman dalam hal perawatan khususnya masalah pencucian.

"Cuci motor aman kok. Seperti motor pada biasanya saja. Bisa dicuci agar bersih setelah digunakan," kata Frengky kepada VIVA di Jakarta, Senin 27 Agustus 2018.

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Meski demikian, ia mengimbau pemilik agar mengeringkan motor dengan baik setelah dicuci. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari karat. 

“Tapi diusahakan dikeringkannya maksimal saja. Jangan sampai masih ada air yang mengendap, nantinya malah timbul karat," ujarnya.

Motor ini dibekali mesin listrik 800 watt dari Bosch. Sekali charge bisa melaju hingga 70 kilometer dengan kecepatan maksimal kisaran 70 kilometer per jam. Akinya menggunakan tipe lithium-ion maintenance free (60V20AH).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya