Begini Perawatan Motor Listrik, Gampang Kok

Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba motor listrik Viar Q1.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Pasar kendaraan roda dua dalam negeri satu tahun lalu diramaikan dengan kehadiran motor listrik Viar, Q1. Motor tersebut hadir dengan berpenggerak listrik. Wujudnya terbilang ringkas yakni memiliki bobot 78,5 kilogram. 

Pria Ini Curi Puluhan Mobil Jeep, Kerugian Capai Rp16 Miliar

Tentu saja 'kuda besi' ini tak menggendong sejumlah perlengkapan seperti halnya sepeda motor konvensional yang bermesin bensin. Hal ini kemudian menjadikan tunggangan diklaim dengan minimnya perawatan

Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Viar), Frengky Osmond mengklaim, Viar Q1 cukup efisien dalam hal perawatan karena tidak perlu ganti oli laiknya motor konvensional.

Viral Aksi Pengemudi Mobil Parkir Paralel Secara Ugal-ugalan

"Kalau perawatan motor listrik ini sebenarnya sangat mudah karena motor ini tidak membutuhkan perawatan rutin seperti ganti oli dan servis mesin," kata Frengky kepada VIVA di Jakarta, Senin 27 Agustus 2018.  

Ia menjelaskan, apabila motor tersebut perlu masuk bengkel, maka pengecekan atau yang dilakukan hanya sebatas penggantian ban atau kampas rem. Lain hal dengan kendaraan roda dua konvensional.

Benarkah Kaca Film Mobil Bisa Kedaluwarsa? Ini Jawabannya

"Masuk bengkel terkait soal servis tidak perlu. Paling dicek untuk pergantian kampas rem dan ban luar," tuturnya. 

Diketahui, memiliki kapasitas aki 2 Kilowatt hour, motor ini membutuhkan pengecasan sekitar lima sampai tujuh jam. Viar Q1 juga dibekali cas input 220 volt yang mampu mengeluarkan power 50 Hertz. Skuter listrik ini dijual dengan harga Rp17,15 juta on the road Jabodetabek.

(FOTO ILUSTRASI) Suasana arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama.

808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Jumlah kendaraan tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari 4 Gerbang Tol Utama.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024