Motor Listrik Aman Terjang Banjir, Sayang Ada Tapinya

Pengendara sepeda motor nekat menerobos banjir di Mangga Dua, Jakarta, 21 Februari 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Pengendara kerap kali khawatir saat kendaraannya harus menerjang banjir. Terlebih beberapa wilayah di Indonesia sering tergenang air saat musim hujan. 

Kemenhub Ingatkan Pemudik Jangan Bawa Motor Listrik Masuk Kapal, Ini Risikonya

Yang paling ditakutkan setelah menerobos genangan air, adalah sepeda motor mogok secara tiba-tiba. Jelas saja, ini menjadi momok menakutkan pengguna kendaraan roda dua. 

Fenomena ini pun juga menakutkan sebagian pengguna sepeda motor bertenaga listrik. Hal tersebut mendapat tanggapan Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Viar), Frengky Osmond.

5 Moge Listrik Keren yang Punya Performa Kencang

Ia mengklaim motor listrik buatan pabrikan asal Semarang, Jawa Tengah ini aman jika dipaksa melewati banjir. Namun ada catatan yang harus dipatuhi oleh para penggunanya agar tak sengsara di kemudian hari. 

"Aman selama tidak sampai dek. Atau amannya sampai 30 sentimeter," kata Frengky kepada VIVA di Jakarta, Senin 27 Agustus 2018. 

Dishub DKI Jakarta Belanja 5 Motor Listrik Rp6,3 M, Tere Liye: Pakai Sedikit Nurani

Meski demikian, Frengky mengimbau kepada pengguna skuter listrik untuk segera melakukan pengeringan dan perawatan setelah melewati genangan air untuk menghindari karat pada kendaraan.

"Hanya perlu diperhatikan ketika melewati genangan dipastikan unit segera dikeringkan guna menghindari karat, rajin lumasi atau disemprot anti karat di beberapa komponen yang bergesekan untuk menghindari macet," ujarnya.

PLN sediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Labuan Bajo

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Pemerintah gencar memacu pengembangan kendaraan listrik karena seiring tren global dalam penggunaan energi ramah lingkungan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024