Motor Lama Tak Dipakai, Cara Menghidupkannya Tak Bisa Sembarangan

Ilustrasi sepeda motor.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Dian Wijanarko.

VIVA – Karena beberapa alasan, ada sepeda motor yang ditinggal cukup lama oleh pemiliknya. Sepeda motor yang dalam kondisi tidak pernah menyala membuat pemilik harus memperhatikan benar saat hendak menggunakan kembali motornya.

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Hal tersebut penting untuk menghindari kerusakan pada komponen mesin gara-gara kendaraan cukup lama tidak beroperasi.

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, motor dengan sistem karburator harus mengendurkan screw di bawah mangkuk karburator terlebih dahulu, sehingga bahan bakar kotor terbuang habis.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

"Kemudian engkol sepeda motor beberapa kali (minimal lima kali) dalam kondisi kunci kontak off (mati). Tujuannya adalah untuk mengalirkan bensin bersih dari tangki ke dalam mangkuk karburator," katanya kepada VIVA baru-baru ini.

Tak lupa pasangkan kabel negatif pada battery, karena setiap sepeda motor yang hendak disimpan dalam waktu lama (minimal satu minggu), sebaiknya kabel negatif pada battery dilepaskan agar kondisi battery tidak drop atau rusak.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

"Lalu buka chooke sampai ke posisi maksimal, lalu hidupkan sepeda motor (sebaiknya di engkol saja). Apabila disimpan sangat lama gantil ah oli mesin atau pelumas mesinnya. Apabila motor bebek atau sport, lumasi rantai roda beserta gear-nya. Tak lupa cek tekanan angin ban," ujarnya.

Sedangkan untuk motor injeksi, Ade menyarankan pemilik kendaraan hanya perlu memasang kabel negatif pada baterai dan hidupkan motor dengan cara diengkol.

"Apabila sepeda motor tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepas konektor negatif baterai, pergunakan standar tengak, ganjal roda agar tidak menempel di lantai. Ketika mulai menghidupkan mesin usahakan menggunakan engkol dulu dan sebaiknya periksakan kondisi sepeda motor ke bengkel resmi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya