Beragam Penyakit Motor Bisa Ketahuan dari Warna Busi

Busi kendaraan bermotor.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA – Tak banyak yang tahu jika baik atau tidaknya proses pembakaran pada sepeda motor bisa terlihat dari kondisi busi. Maka itu ada baiknya Anda mengenali warna yang muncul akibat proses pembakaran dari busi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebab, beda warna beda arti. Berdasarkan keterangan yang dikutip dari situs resmi Honda, Senin 24 September 2018, apabila warna elektroda kecokelatan atau merah bata pada busi, tandanya pembakaran optimal. Anda tak perlu khawatir.

Sementara warna elektroda menghitam, pertanda campuran udara dan bensin tidak seimbang. Lebih banyak bensin. Efeknya, konsumsi bahan bakar meningkat, alias boros.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kalau warna elektroda memutih, tanda jika campuran udara dan bensin lebih banyak udaranya. Efeknya, motor akan lebih cepet panas. Jika terjadi hal itu tidak baik untuk daya tahan komponen di dalam mesin. Karena membuat cepat rusak.

"Warna elektroda hitam dan dipenuhi oli, ini tidak baik. Sebab indikasi oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah jelek atau liner piston yang sudah baret. Oli yang ikutan terbakar akan membuat motor menghasilkan knalpot asap putih," tulis Honda.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022