Motor Sport Suzuki Buatan Indonesia Laku Keras di Luar Negeri

Suzuki GSX-R150 produksi Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Meski tidak sebanyak skuter matik, namun pangsa pasar sepeda motor model sport di Indonesia hampir sama angkanya dengan model underbone. Ada beberapa jenis motor sport yang disediakan, dibagi berdasarkan tipe dan kapasitas mesin.

Kawasaki Pamer Motor Futuristik nan Canggih

Selain dipasarkan di dalam negeri, beberapa model motor sport juga dikapalkan ke beberapa negara. Hal itu dilakukan oleh hampir semua pabrikan motor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI.

Menurut data AISI yang diterima VIVA, Selasa 25 September 2018, ekspor motor pada Agustus tahun ini mencapai angka 55.339 unit. Jumlah itu turun 1,3 persen dari bulan sebelumnya.

Indonesia Bakal Kedatangan Motor Ducati Panigale Edisi Terbatas

Berbeda dengan pangsa pasar dalam negeri, jumlah motor sport yang dikirim ke luar Indonesia lebih banyak dari underbone. Pada bulan lalu, 10.079 unit motor sport dikapalkan, sedangkan underbone hanya 7.783 unit.

CBR 250 RR Produksi Karawang

Daftar Lengkap Harga Sepeda Motor Honda Desember 2023

Dari semua motor sport yang diekspor, tipe yang mengusung mesin 150 cc ke bawah adalah yang mendominasi. Yamaha menjadi yang paling banyak mengirim tipe tersebut, yaitu 3.400 unit.

Suzuki ada di urutan ke-2, karena 1.890 unit gabungan dari GSX-R 150 dan GSX-S 150 laku di luar negeri. Seri GSX dengan kapasitas mesin 125 cc yang tidak tersedia di Tanah Air juga laris manis, yaitu sebanyak 946 unit.

Honda harus puas ada di posisi ke-3, karena hanya mengapalkan 950 unit, diikuti oleh TVS berkapasitas mesin 125 cc dengan 803 unit dan Kawasaki 720 unit. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya