Beli Mobil Bekas, Pilih Online atau Datang ke Showroom?

Sorot Mobil Mudik - Mobil bekas yang dijual pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Membeli mobil bekas kini semakin mudah. Jika dulu konsumen harus mencari mobil dan anggaran yang sesuai dengan berkeliling diler, kini bisa dipantau secara online melalui berbagai situs jual beli kendaraan.

Terpopuler: Harga Plus Pajak Tahunan Mobil Bekas Honda Brio dan Daihatsu Xenia

Head of classified website jual beli kendaraan Mobil123.com, Bayu Agung mengatakan, ada sedikit perbedaan antara pembeli mobil via digital dengan yang mencari langsung ke showroom mobil bekas.

"Kalau pembeli yang datang ke diler atau showroom mobil bekas itu biasanya repeat order. Jadi dia pernah beli di salah satu diler, mobilnya bagus dan harganya oke, jadi dia balik lagi ke diler itu," kata Bayu di Jakarta.

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta: Ada MPV Mewah dan Hatchback Keren

"Atau biasanya berdasarkan informasi mulut ke mulut, dan pembeli sudah tahu pasti mau beli mobil apa dan langsung mencari ke diler."

Sementara pembeli mobil bekas yang memanfaatkan teknologi digital, kata Bayu, biasanya orang yang baru pertama mencari mobil bekas. Sehingga merasa lebih mudah dan tidak perlu repot berkeliling diler untuk mencari produk yang diinginkan.

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

"Kalau online biasanya dia pencari awal. Maksudnya dia sudah rencana beli mobil tetapi masih membandingkan produk dan ingin komparasi harga," ujarnya.

Meski mencari online, kata Bayu, transaksi pembelian mobil tetap dilakukan secara langsung baik dengan penjual privat maupun dengan diler terkait.

Sementara itu, Senior Manager sentra mobil bekas WTC Mangga Dua, Herijanto Kosasih mengatakan, dengan menyambangi langsung showroom atau diler mobil bekas, pembeli bisa mengetahui secara pasti kondisi kendaraan yang diincarnya.

"Kalau datang langsung ke diler, bisa lihat kondisi mobil yang real, bahkan bisa test drive agar lebih pasti. Kalau online memang lebih praktis dan mudah, terus buat membandingkan harga juga enak. Tetapi kadang kondisi mobil berbeda dengan foto yang dipajang pada website," ujar Herijanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya