Kawasaki Indonesia Sedang Bergembira, Ini Sebabnya

Logo Kawasaki.
Sumber :
  • newasrtcolourz

VIVA – Hingga saat ini, pasar sepeda motor di Indonesia masih dikuasai merek-merek Jepang. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, ada empat merek motor yang berasal dari Negeri Matahari Terbit dan satu dari India.

Siap-Siap Kawasaki Sedang Menyiapkan Pakai Mesin 4 Silinder Baru

Keempat merek itu adalah Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, sedangkan yang dari Negeri Hindustan yakni TVS. Dari daftar tersebut, Honda menjadi penguasa pasar, disusul oleh Yamaha.

Berdasarkan data yang diterima VIVA dari AISI, Selasa 16 Oktober 2018, selama periode Januari hingga September tahun ini, ada 4.722.242 unit sepeda motor yang didistribusikan dari pabrik ke diler masing-masing merek.

Moge Termurah Triumph Siap Jegal Honda dan Kawasaki di Indonesia

Angka itu naik 8,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yang angkanya tercatat 4.340.252 unit.

Sama seperti tahun lalu, sepeda motor merek Honda mendominasi penjualan dengan pangsa pasar 74,9 persen. Disusul oleh Yamaha 22,5 persen dan Kawasaki serta Suzuki, yang masing-masing memperoleh 1,3 persen.

Motor Gagah Terbaru Resmi Mengaspal di Indonesia

Tak hanya untuk pasar domestik, lima merek tersebut juga merakit sepeda motor untuk pasar ekspor. Pada Januari-September 2018, ada 438.530 unit yang dikapalkan ke luar negeri. Naik 41,8 persen dari tahun lalu yang tercatat hanya 309.325 unit.

Untuk urusan ekspor, Kawasaki Indonesia adalah yang paling beruntung di tahun ini. Sebab, pasar ekspor mereka tumbuh 325 persen.

Pertumbuhan pasar ekspor juga dialami Suzuki, dengan angka 82 persen. Diikuti Honda dengan 45 persen dan Yamaha 33 persen. Pasar ekspor TVS dari Indonesia ke luar negeri pada periode tersebut hanya naik 28 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya