Siap Bangun Pabrik, Motor Benelli Bakal Diproduksi di Indonesia

Benelli TRK251.
Sumber :
  • Zigwheels

VIVA – Satu lagi pabrikan otomotif kenamaan bersiap melakukan ekspansi lebih dalam di Tanah Air, yakni Benelli. Jenama roda dua asal Pesaro, Italia yang kini sudah diakuisisi raksasa otomotif lokal China, Geely, berniat membangun pabrik di Indonesia.

Motor Off-Road Harga Terjangkau Meriahkan IIMS 2024, Mulai Rp11 Jutaan

Tak puas cuma sekadar memiliki pabrik perakitan di Citereup, Jawa Barat. Benelli kini berambisi mencari peruntungan di Nusantara dengan langkah manufaktur. Hal itu disampaikan Chief Executive Officer Benelli Motor Indonesia, Steven Kentjana Putra, di sela Global Launch tiga produk baru Benelli di Nusa Dua Bali, Sabtu malam, 20 Oktober 2018.

"Kita sudah ada pembicaraan ke arah sana. Dari manajemen baru Benelli ini (di bawah kendali Geely) mau, bukannya merakit lagi, jadi kita mau manufacturing," kata Steven di hadapan media.

Ini Deretan Merek yang Luncurkan Motor Baru di IIMS 2024, Apa Saja?

Dalam rencana besarnya nanti, Indonesia diproyeksikan bakal jadi basis produksi motor-motor Benelli di Asia Tenggara. Rencananya pabrik tersebut akan berdiri di kawasan Balaraja, Tangerang.

"Ekspektasi mereka (principal) memang agak besar. Kita sudah punya lahan lima hektare mereka masih anggap kurang. Mereka minta 10 hektare. Pokoknya Indonesia direncanakan jadi base of Asia, jadi Malaysia, Thailand, Vietnam enggak perlu beli lagi ke China, namun ke Indonesia," katanya.

Keeway EV Anne Meluncur di PEVS 2023, Harga Rp19 Jutaan

Terkait jumlah investasi, Steven masih belum bicara secara gamblang. Tetapi untuk tahap awal, Geely siap mengguyur dana sekira US$50 juta. Semua proses dikatakan masih terus dikebut hingga tahun depan.

"Sambil ke arah sana, kita masih terus menumbuhkan penjualan. Dan terus mencari model apa yang sekiranya bisa meningkatkan volume penjualan kita. Karena itu juga jadi pertanyaan mereka (principal), agar kita punya produk-produk yang bisa dijadikan backbone," tukasnya.

Di bawah manajemen Geely, Steven mengakui Benelli terus menjelma ke arah lebih baik. Semangat itu pula yang kemudian ditularkan ke sejumlah mitra bisnisnya di beberapa negara.

Indonesia memang dianggap penting bagi pasar Benelli. Karena Indonesia merupakan salah satu pasar sepeda motor dengan penjualan terbesar ketiga di dunia. Apalagi dengan banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, termasuk dengan kegandrungan akan roda dua.

"Asia termasuk India dan Indonesia jadi pasar penting bagi kami, kami akan perkuat," kata Marketing Manajer for Non-europe of Benelli, Dante Bustos.

Hal senada disampaikan General Manager of Zhejiang Qjiang Motorcycle, Dongshao Guo. Indonesia dianggap punya catatan penjualan sepeda motor baik di dunia. "Kami bersama-sama telah melakukan pengembangan produk untuk bisa meningkatkan penjualan. Dan kami percaya itu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya